Menu

Mode Gelap

Nasional · 3 Jul 2022 12:19 WIB ·

BNPT Buka KTN Seluas 10 Hektare di Garut untuk Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan


					BNPT Buka KTN Seluas 10 Hektare di Garut untuk Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan Perbesar

Garut, reportasenews.com  – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membuka Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) seluas 10 hektare di Desa Harumansari, Kecamatan Kadungora, Garut, Sabtu (2/7). KTN ini bertujuan untuk deradikalisasi berbasis kesejahteraan.

KTN di Desa Harumsari, Kadungora, Garut ini melengkapi KTN di Turen Jawa Timur dan KTN Sumbawa NTB.

Hadir dalam acara ini Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH dan Wakil Bupati Garut dr H Helmi Budiman. Sebanyak 6 orang mitra deradikalisasi juga hadir.

Selain itu acara juga dihadiri Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jabar Dr Drs H. Iip Hidayat, M.Pd, perwakilan Bank Mandiri, PT Alba Baja Banten, PT Eigerindo Multi Produk Industri, dan PT Hardcorindo.

KTN di Desa Haruman Sari akan dimanfaatkan sebagai area budidaya lebah madu, jagung, gula aren, alpukat dan juga sebagai objek pariwisata.

Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., menjelaskan kehadiran KTN menjadi wadah semua pihak untuk bersama-sama melakukan deradikalisasi berbasiskan kesejahteraan.

“KTN ini melibatkan banyak pihak. Negara harus hadir dan semua pihak harus dilibatkan mengingat terorisme adalah musuh kita bersama,” kata Kepala BNPT.

Dengan kehadiran KTN Garut, mitra deradikalisasi dapat berbaur serta diterima dengan baik oleh masyarakat umum.

“Dengan KTN ini diharapkan proses reintergrasi mitra deradikalisasi dengan masyarakat dapat berjalan dengan baik,” tutur Boy Rafli.

Boy Rafli juga mengatakan pemilihan wilayah Garut Jawa Barat menjadi salah satu lokasi KTN juga untuk menekan potensi yang mungkin saja muncul. “Program seperti ini disiapkan untuk membangun kewaspadaan bersama terhadap radikalisme terorisme,” jelas Boy Rafli.

Sementara itu Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman mewakili Pemda Kabupaten Garut merasa bangga terdapat KTN di wilayah Garut. Hal ini menandakan bahwa Pemda dan masyarakat Garut sepakat menolak seluruh bentuk ideologi kekerasan yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami bisa berbangga dengan hadirnya KTN di Desa Harumansari Garut ini. Kami tidak ingin ada terorisme di Indonesia,” jelasnya.

Kehadiran KTN Garut ini disambut baik salah seorang mitra deradikalisasi, Yoki Candra yang hadir bersama 5 mitra lainnya. Ia memiliki harapan besar bahwa keberadaan KTN Garut menjadi sarana reintergrasi sosial.

Ia mengakui tidak mudah untuk menjadi seorang mitra deradikalisasi dengan stigma masyarakat. Dengan hadirnya KTN ia dapat membangun kemandirian ekonomi dan berbaur dengan masyarakat sekitar.

“KTN ini trobosan paling bagus karena kami bisa menjalin sinergi kami yang mantan napiter(narapidana teroris) dengan masyarakat,” kata Yoki.

Pada kesempatan itu Kepala BNPT juga meninjau dan meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI dan Posko KTN Garut.

Secara simbolis Kepala BNPT melakukan penanaman bibit buah alpukat bersama dengan Wakil Bupati Garut, Ketua FKPT Jabar, Dr. Drs. H. Iip Hidayat, M.Pd, perwakilan Bank Mandiri, PT Alba Baja Banten, dan PT Eigerindo Multi Produk Industri.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

1.052 WBP Lapas Kelas II A Pontianak dapat Remisi di HUT ke 77 Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 11:20 WIB

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Gubernur Kalbar berlangsung Khidmat

17 Agustus 2022 - 10:39 WIB

Satresnarkoba Polres Ngawi Ringkus Delapan Pengedar Narkoba

17 Agustus 2022 - 09:24 WIB

Gara-gara Kartu PKH, Suami di Belu-NTT Tega Aniaya Istri Hingga Usus Terburai

16 Agustus 2022 - 21:40 WIB

Rayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemprov Kalbar Bagikan  Bendera dan Tanam 77 Jenis Pohon Hutan

16 Agustus 2022 - 18:49 WIB

Polsek Karanganyar Bersama Tim SAR Gelar Patroli Antisipasi Banjir dan Laka Air

16 Agustus 2022 - 16:41 WIB

Trending di Daerah