Menu

Mode Gelap

Nasional · 6 Des 2022 15:20 WIB ·

BNPT dan UPN Veteran Surabaya Resmikan Warung NKRI


					BNPT dan UPN Veteran Surabaya Resmikan Warung NKRI Perbesar

Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH dan Rektor UPN Veteran Surabaya Prof Akhmad Fauzi saat meresmikan Warung (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan) NKRI UPN Veteran Surabaya. (Foto: doc BNPT).

 

Surabaya, reportasenews com  – BNPT RI dan UPN Veteran Surabaya meresmikan Warung NKRI untuk menggelorakan semangat bela negara di civitas akademika kampus. Warung NKRI didirikan untuk menjadi sarana dialog bermisi cinta NKRI.

Warung (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan) NKRI di UPN Veteran ini merupakan Warung NKRI ke 17 yang didirikan BNPT RI. Warung NKRI UPN Veteran Surabaya yang berlokasi di Central Anteen Kampus UPN diresmikan pada hari Senin (5/12).

Acara peresmian diawali prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BNPT RI dan UPN Veteran.

Sehari sebelumnya, BNPT RI bersama Kwartir Daerah Jatim meresmikan Warung NKRI Jember di City Forest & Farm Arum Sabil (4/12).

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH berharap Warung NKRI tersebut dapat memperkuat semangat bela negara civitas akademik UPN Veteran Surabaya dan selanjutnya ditularkan ke masyarakat. Apalagi UPN Veteran Surabaya sendiri telah memiliki julukan sebagai Kampus Bela Negara.

“Bela negara itu amanah konstitusi. Dengan Warung NKRI ini semangat bela negara bisa terus digelorakan. Kita harapkan civitas akademika UPN Veteran menjadi pelopor apalagi kampus ini sudah tersemat sebagai Kampus Bela Negara,” kata Boy Rafli.

Boy menegaskan narasi-narasi bela negara perlu terus digelorakan. Dengan demikian segenap bangsa Indonesia memiliki pemahaman yang baik tentang bela negara.

”Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang bela negara maka virus-virus radikalisme dan terorisme tidak bisa berkembang di Indonesia,” tegas Boy.
Boy mengingatkan radikalisme dan terorisme adalah paham yang sangat berbahaya. Paham ini bertujuan memecah belah bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman latar bekalang dan budaya.

“Warung NKRI ini kita dorong menjadi sarana berbagai komunitas di Indonesia untuk dialog-dialog cinta NKRI dan selanjutnya berkembang ke keluarga dan masyarakat luas,” imbuhnya.

Sementara itu Rektor UPN Veteran Surabaya Prof Akhmad Fauzi optimis kerja sama BNPT RI dan UPN melalui Warung NKRI dapat memberikan dampak yang positif utamanya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Warung NKRI UPN menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan talenta yang dilandasi nasionalisme.

“2045 adalah Indonesia Emas, Indonesia menjadi negara maju. Kemajuan bisa dicapai jika ada rasa nasionalisme, inilah pentingnya Warung NKRI,” kata Rektor UPN Veteran Surabaya. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kunjungi Pusat Deradikalisasi di Riyadh, BNPT RI Pelajari Cara Arab Saudi Sadarkan Teroris

27 Januari 2023 - 10:58 WIB

Gagal Dapat Udang Saat Memancing, Nyawa Melayang

26 Januari 2023 - 23:11 WIB

BNPT Gandeng PT Pegadaian Kolaborasi Tanggulangi Terorisme

25 Januari 2023 - 22:02 WIB

Jadi Bengkelpun, Anggota Lantas Ini Siap Demi Tugasnya sebagai Pelayan Masyarakat

25 Januari 2023 - 17:49 WIB

Malam Tahun Baru Imlek 2574 Kongzii dan Cap Go Meh Tahun 2023, Polres Kubu Raya Kerahkan 139 Personel

21 Januari 2023 - 14:38 WIB

Rawan Karhutla, Kalbar Mesti Waspada

21 Januari 2023 - 14:24 WIB

Trending di Daerah