Menu

Mode Gelap

Daerah · 1 Nov 2021 17:27 WIB ·

Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah, Tarik Perhatian Warga Sidolaju Ngawi 


					Bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan belakang rumah milik seorang warga Dusun Sidorejo RT 13 RW 04 Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. (foto:don) Perbesar

Bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan belakang rumah milik seorang warga Dusun Sidorejo RT 13 RW 04 Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. (foto:don)

Ngawi,reportasenews.com  – Beberapa pucuk bunga bangkai ditemukan tumbuh di pekarangan belakang rumah milik seorang warga Dusun Sidorejo RT 13 RW 04 Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi.

Dua pucuk bunga bangkai sudah terlihat mekar dan besar, sedangkan lainnya baru tumbuh dari dalam tanah.

Pemilik rumah pasangan Saparah dan Wagimen kepada Jatim Times menjelaskan bahwa bunga bangkai seringkali tumbuh di pekarangan belakang rumah miliknya. Dan terakhir tumbuh sekitar lima hari belakangan usai turun hujan. Bahkan pernah ada yang tumbuh sangat besar hingga sekitar satu meter.

“Sering tumbuh disitu dan sudah tidak tahu berapa kali. Tahunya muncul aroma tak sedap seperti bau bangkai,” ujar Saparah dan Wagimen.

Lebih lanjut Saparah dan Wagimen menjelaskan dalam sekali tumbuh, terkadang muncul satu hingga dua bunga bangkai. Bahkan tak jarang hingga tumbuh secara bergantian beberapa kali.

Tumbuhnya bunga bangkai itu sontak menarik perhatian warga sekitar untuk datang melihat. Ia menyatakan bahwa warga sekitar yang datang umumnya anak-anak sekolah untuk melihat bunga langka tersebut.

“Sudah banyak warga yang datang untuk melihat,” katanya.

Saparah dan Wagimen menyampaikan saat pertama kali ditemukan, bunga terlihat segar. Terdapat warna merah tua dan kuning pada bagian tengah bunga. Namun, dalam beberapa hari kemudian akan mulai nampak layu.

Dalam laman Wikipedia disebutkan bahwa bunga bangkai atau bunga raksasa dalam bahasa latin disebut amorphophallus yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “amorphos” yang berarti “cacat, tanpa bentuk” dan “phallos” yang berarti “penis”.

Terdapat 170 jenis bunga bangkai di seluruh dunia dan sekitar 25 jenis di antaranya bisa ditemui di Indonesia, yaitu delapan jenis di Sumatera, enam di Jawa, tiga di Kalimantan dan satu di Sulawesi. (don)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bawa Kabur Gadis Dibawah Umur, Pria 36 Tahun Ditangkap

27 Januari 2022 - 21:52 WIB

Selidiki Temuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat, Polda Sumut Bentuk Tim Gabungan

27 Januari 2022 - 19:08 WIB

Kajati Banten Geledah Kantor Ditjen Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Petugas Sita  Rp 1,1 Miliar

27 Januari 2022 - 18:00 WIB

Masyarakat Adat Dayak Kalbar Laporkan Edy Mulyadi ke Polisi

27 Januari 2022 - 12:40 WIB

Indahnya Sunset di Ekowisata Telok Berdiri Kubu Raya

27 Januari 2022 - 11:48 WIB

ASN Pelempar Bom Molotov Saat Pelantikan Pejabat Pemkab Ketapang Diamankan Polisi

27 Januari 2022 - 11:43 WIB

Trending di Daerah