Menu

Mode Gelap

Daerah · 19 Jun 2023 21:49 WIB ·

Cantiknya Air Terjun Bondes, Bekas Galian Tambang Batu


					Cantiknya Air Terjun Bondes, Bekas Galian Tambang Batu Perbesar

Eksotiknya Riam Bondes yang mudah ditempuh kendaraan apapun, bisa parkir di dekat air terjun dan udara serta airnya jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. (foto Adi Saputro).

 

Tayan Hulu, Kalimantan Barat, reportasenews.com – Tak perlu jauh – jauh melangkahkan kaki untuk berwisata ke alam, yang pemandangannya hutan tropis dan memiliki air terjun yang airnya jernih menyejukkan.

Riam Bondes atau Riam Pagau, sebutan nama yang diberikan pada air terjun yang terbentuk dari bekas galian tambang batu yang telah lama berhenti beroperasi.

Nama air terjun ini merujuk lokasi tempat Riam ini berada, yakni di Dusun Bondes, Desa Pandan Sembuat, kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau.

Air terjun Bondes ini juga dijadikan sumber air bersih warga Dusun Bondes, meski di sekitar lokasi riam ini berada sudah menjadi kawasan yang ekosistem hutan tropisnya berkurang, akibat perluaaan kebun kelapa sawit.

Karena telah menjadi sumber air bersih warga sekitar, kawasan di riam Bondes ini dibangun bendungan air namun sayangnya masih ada aktivitas penebangan pohon untuk diambil kayunya di sekitar lokasi.

Soal kejernihan dan kesejukan air terjun Bondes ini tak perlu diragukan. Airnya bersih dan segar karena masih bersumber dari mata air yang keluar dari celah tebing bebatuan dan vegetasi pepohonan lebat di bukit.

Objek wisata alam Air terjun Bondes ini juga telah dikelola oleh warga sekitar seadanya dengan tarif masuk untuk pengunjung dari luar sebesar Rp 5.000 per orang, namun itu hanya berlaku saat musim liburan.

Karena disaat hari biasa, pengunjung bisa datang berkunjung tanpa dikenai tarif sepeser pun, dan bebas menikmati alam dengan udara yang segar dan kesejukan air terjun Bondes dengan berendam di air di bawah air terjun.

Akses menuju ke air terjun Bondes juga sangat mudah. Kendaraan apapun bisa melewati jalan tanah kuning bebatuan dengan sedikit tanjakan di antara perkebunan kelapa sawit.

Dari kota Pontianak, jarak ditempuh sekitar 2 – 3 jam, dengan rute jalan Trans Kalimantan, melewati simpang Ampar lalu menuju ke arah Sosok, dari simpang Sosok dilanjutkan ke arah simpang Tanjung ke arah Entikong melewati jalan Lintas Malindo, dan masuk ke wilayah Desa Pandan Sembuat, tepat di dekat sebuah gereja ada bekas galian tambang batu, masuk ke kawasan kebun kelapa sawit, barulah melewati jalan tanah kuning bebatuan, tiba di tepi air terjun Bondes.

Kendaraan bermotor apapun bisa parkir persis di depan air terjun dan terdapat beberapa pondok kayu dan fasilitas WC dan kamar mandi seadanya.

Setelah memarkirkan kendaraan dengan rapi, nikmati lah kesejukan dan kejernihan air terjun Bondes yang mengalir deras dari tebing bebatuan yang keras hingga mengalir ke bawah menuju sungai yang mengalir menuju ke pemukiman warga.

Keindahan air terjun Bondes ini adalah ketinggian air terjun yang berkisar 7 meter yang berarus deras melewati tebing batu, sehingga saat berada di bawah air terjun ini terasa di pijat-pijat tubuh kita oleh air yang mengalir ke bawah.

Banyak pengunjung lokal yang datang hanya untuk healing atau hanya sekedar bersantai menikmati desiran air yang jatuh melewati tebing batu.

“Saya kebetulan tinggal di Sosok, suami berkantor di Sosok, jadi tak perlu jauh – jauh datang kesini, hanya untuk menikmati kesejukan air terjun Bondes. Kebetulan anak-anak sedang di kota Pontianak, jadi berdua saja datang kesini bersama suami, ” ungkap Nita, pengunjung lokal.

Hal senada juga disampaikan pengunjung lainnya dari Pontianak. Heri bersama keluarganya dari Pontianak mengendarai sepeda motor sengaja singgah ke air terjun Bondes untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Kembayan ke rumah mertuanya.

“Karena sepanjang perjalanan tadi dari Pontianak, cuaca panas, namun semuanya berjalan lancar. Berangkat dari Pontianak jam 9 pagi, sampai di wisata alam Riam Bondes ini untungnya cuaca cerah, jadi bisa lah menikmati kesejukan udara disini dan air terjun Bondes ini, ” ungkap Maulana.

Kebetulan Sabtu (17/6/2023) kawasan wisata alam Riam Bondes sedang sepi. Sehingga pengunjung yang datang tidak dikenai tarif masuk.

Sayang, di sekitar kawasan Riam Bondes masih banyak sampah plastik sisa kemasan air minum mineral dan kemasan produk makan ringan yang menumpuk, bahkan ada juga yang berserakan.

Sehingga sampah-sampah ini menjadi pemandangan yang kurang sedap dilihat. Namun karena kawasan ini masih dikelilingi pepohonan sehingga suasana ssjuk yang alami masih bisa dinikmati pengunjung. Nah, pengunjung juga wajib menjaga lingkungan tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan membawa kembali sampahnya. (das)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah