Search

Cara Jitu Polda Banten Tekan Penyebaran Covid-19

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto, SH, MH, M.B.A. (Foto. Didik Wiratno)

Banten, Reportasenews – Surprise itu terjadi di Terminal Bus Pakupatan, Serang, Banten. Beberapa penumpang diberi masker oleh Polisi Lalu Lintas yang sedang bertugas di sana. Setelah dapat masker, mereka kemudian diajak ke warung terdekat. Terus, ditraktir minum kopi.

Sembari ngopi, Polantas itu bercerita tentang pentingnya pakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Suasananya santai, pengunjung warung yang sudah ada di sana sebelumnya, juga ditraktir kopi oleh sang Polantas.

Obrolan pun jadi seru. Selain tentang pentingnya menjaga diri agar tak terpapar Covid-19, cerita tentang perjalanan dengan angkutan umum pun jadi bahan obrolan. Sang Polantas dan pengunjung warung saling berbagi cerita, terutama tentang hal-hal yang terkait dengan angkutan umum.

“Memberi masker, ngajak ngopi, dan ngobrol tentang Covid-19 dengan warga, itu bagian dari cara kami untuk mencegah penyebaran virus corona,” ujar Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto, SH, MH, M.B.A., pada Kamis (10/06/2021) lalu.

Anggota kepolisian Polda Banten saat ngopi bareng bersama warga.

Apa yang dilakukan Polantas dari Polda Banten di Terminal Pakupatan tersebut adalah program Yuk Ngopi Wae. Itu salah satu dari 12 Commander wish Kapolda Banten untuk melayani warga serta menjaga ketertiban masyarakat.

Irjen Pol Rudy Heriyanto menyadari, dalam kondisi ekonomi seperti ini, tak mudah bagi warga untuk membeli masker. Sebenarnya mereka mau pakai masker tapi tak cukup dana untuk membelinya. Karena itulah Polda Banten gencar membagikan masker ke warga, terutama di tempat-tempat umum.

Kesempatan itu digunakan anggota Polda Banten untuk berdialog dengan warga. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan pelayanan.

“Dari dialog tersebut, kami tahu apa yang dibutuhkan warga dan apa kekurangan kami. Itu bahan evaluasi kami untuk terus berbenah,” ungkap Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Langkah persuasif serta berinteraksi langsung dengan warga, itulah salah satu kunci sukses Polda Banten menekan angka penyebaran Covid-19. Itu pernah diapresiasi Ketua Satgas Covid Nasional Doni Monardo ketika melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Merak Banten, pada Minggu (09/05/2021) lalu.

Polda Banten juga mendapat apresiasi, karena berhasil melakukan penyekatan pada pelarangan mudik lebaran beberapa waktu lalu. Termasuk, mengendalikan arus balik setelah lebaran melalui Pelabuhan Merak, yang tidak berdampak signifikan pada peningkatan penyebaran Covid-19 di Banten.

Polda Banten menginisiasi program Yuk Ngopi Wae tujuannya adalah sebagai salah satu cara untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Program tersebut digelar di banyak warung di wilayah Banten, hingga warga yang terjangkau pun lumayan banyak. Dengan demikian, warga yang menyadari pentingnya pakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan pun semakin banyak.(ISSON KHAIRUL)




Loading Facebook Comments ...