Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Jun 2020 20:30 WIB ·

Cegah Covid-19 dan Stunting, Dinas Perikanan Situbondo Sosialisasi Makan Ikan


					Kepala Dinas Perikanan Situbondo, saat memberikan bantuan kepada salah seorang penerima di Kantor Kecamatan Sumbermalang, Situbondo. (foto:fat) Perbesar

Kepala Dinas Perikanan Situbondo, saat memberikan bantuan kepada salah seorang penerima di Kantor Kecamatan Sumbermalang, Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mencegah stunting,  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Perikanan Kabupaten  Situbondo, melalui kampanye gemar makan ikan kepada warga di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Selasa (23/6/2020).

 

Bahkan, DKP Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, juga memberikan bantuan ratusan  paket produk ikan olahan hasil perikanan, dan produk kaleng (sardine dan tuna), dan ikan segar seperi  ikan nila,  ikan layang,  serta masker.

 

Farida  Kasi Pasar Promosi dan Logistik DKP  Provinsi Jawa Timur mengatakan, jika  kegiatan gemar makan ikan merupakan program rutin setiap tahun, yang dilakukan di sejumlah Kabupaten dan  Kota di  Jawa Timur. Namun pada pandemi Covid – 19 terjadi irefocusing anggaran.

 

“Sehingga kami  melaksanakan  secara bergiliran di sejumlah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. Itupun hanya mendatangkan 150 penerima, untuk warga miskin dan orang tua yang memiliki balita,”kata Farida, Selasa (23/6/2020).

 

Menurutnya, DKP Provinsi Jawa Timur sengaja menggelar kampanye gemar makan ikan, karena  konsumsi ikan laut sangat baik bagi orang dewasa seperti ibu hamil dan bagi balita,  karena  ikan mempunyai kandungan omega yang mampu meningkatkan imun tubuh. Bahkan, juga dapat  mencegah stunting,

 

“Bahkan,  dengan kampanye gemar ikan,  konsumi ikan di Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan setiap tahunnya,”bebernya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Situbondo Sopan Efendi  mengatakan,  kegiatan kampanye gemar makan ikan itu, diutamakan bagi masyarakat yang pemukimannya jauh dari laut. Selain itu, kegiatan ini  juga merupakan  salah satu program dari Presiden Joko Widodo. Dengan tujuan, untuk meminilisir  angka stunting.

“Kami sengaja menggelar kampanye gemar makan ikan di Kecamatan  Sumbermalang, karena daerah ini angka stunting cukup tinggi, mengingat wilayah kecamatan Sumbermalan  cukup jauh dari laut,”kata Sopan Efendi.

Menurutnya, karena makan ikan dapat meningkatkan imun tubuh serta mencegah stunting. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada warga di Kecamatan Sumbermalang, agar tidak berhenti makan ikan, dan selalu mengenakan masker jika melakukan aktivitas diluar, untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Situbondo.

“Selain itu, dalam  kegiatan kampanye gemar ikan tersebut, kami melakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, seperi mengenakan masker, jaga jarak, selalu cuci tangan,  dan phsycal distancing. Bahkan, setiap undangan yang hadir, mereka dicek suhu tubuhnya, dengan menggunakan Termo Gun,”pungkasnya

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah