Menu

Mode Gelap

Nasional · 27 Des 2022 20:29 WIB ·

Cegah Ideologi Kekerasan, BNPT Ajak Elemen Bangsa Lawan Intoleran di Ruang Publik


					Cegah Ideologi Kekerasan, BNPT Ajak Elemen Bangsa Lawan Intoleran di Ruang Publik Perbesar

Kepala BNPT RI Komjen Pol Boy Rafli Amar, MH saat Talkshaw Kiprah Mitra BNPT dalam Pemberantasan Terorisme di Bogor, hari ini, Selasa (27/12/2022). (Foto: doc BNPT).

 

Bogor, reportasenews com  – Ideologi kekerasan menyebarkan pahamnya di ruang publik lewat media sosial. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) mengajak semua elemen bangsa untuk melawan narasi intoleran yang menjadi propaganda kelompok intoleran.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme, Gugus Tugas Pemuka Agama, Duta Damai Dunia Maya dan Duta Damai Santri pada Selasa (27/12) di Lapangan Biwara, Bogor, Kantor Pusat BNPT RI.

Boy Rafli menyatakan tidak akan ada institusi yang dapat bekerja sendiri dalam menghadapi paparan ideologi yang mendukung kekerasan dalam mencapai tujuan. Karena itu perlu kolaborasi semua pihak antara pemerintah dan segenap lapisan masyarakat.

Ia menegaskan tidak ada satupun institusi yang bisa bekerja sendiri. BNPT bersama mitra adalah representasi masyarakat, pemerintah dan generasi muda.

”Acara ini juga upaya kita menjaga semangat kolektif bangsa Indonesia dalam melawan ideologi terorisme,” ujar Boy Rafli.

Menurut Boy, BNPT RI bersama para mitra akan terus berkomitmen memberdayakan dan melibatkan seluruh elemen bangsa dalam melakukan upaya penanggulangan terorisme.

”Dibutuhkan upaya bersama untuk memastikan ruang publik bebas dari narasi intoleran, provokasi, dan kekerasan,” tandas mantan Kapolda Riau tersebut.

Sementara Koordinator Duta Damai Dunia Maya Provinsi Jawa Barat Ridwan Rustandi M. Sos, menyatakan pihaknya telah menggulirkan progam Nasionalisme Digital.

”Duta Damai lewat program Nasionalisme Digital telah membawa semangat kolektif untuk melawan propaganda kelompok intoleran,” jelas Ridwan Rustandi saat Talkshaw Kiprah Mitra BNPT dalam Pemberantasan Terorisme di Bogor, hari ini, Selasa (27/12/2022).

Program Nusantara Digital dimulai dengan membangun ketahanan diri anak muda dari konten-konten radikal di dunia maya. Tujuannya memperkuat fondasi ketahanan bangsa Indonesia dari ideologi terorisme. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kunjungi Pusat Deradikalisasi di Riyadh, BNPT RI Pelajari Cara Arab Saudi Sadarkan Teroris

27 Januari 2023 - 10:58 WIB

Gagal Dapat Udang Saat Memancing, Nyawa Melayang

26 Januari 2023 - 23:11 WIB

BNPT Gandeng PT Pegadaian Kolaborasi Tanggulangi Terorisme

25 Januari 2023 - 22:02 WIB

Jadi Bengkelpun, Anggota Lantas Ini Siap Demi Tugasnya sebagai Pelayan Masyarakat

25 Januari 2023 - 17:49 WIB

Malam Tahun Baru Imlek 2574 Kongzii dan Cap Go Meh Tahun 2023, Polres Kubu Raya Kerahkan 139 Personel

21 Januari 2023 - 14:38 WIB

Rawan Karhutla, Kalbar Mesti Waspada

21 Januari 2023 - 14:24 WIB

Trending di Daerah