Menu

Mode Gelap

Nasional · 5 Des 2022 14:32 WIB ·

Cegah Paham Terorisme, Kepala BNPT Ajak Pramuka Narasikan Kebangsaan 


					Cegah Paham Terorisme, Kepala BNPT Ajak Pramuka Narasikan Kebangsaan  Perbesar

Kepala BNPT Komjen Pol Biy Rafli Amar, (tengah) ajak Pramuka gelorakan narasi kebangsaan untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme. 

 

Jember, reportasenews com – BNPT RI meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di City Forest & Farm Jember. Warung NKRI Jember ini diharapkan menjadi tempat untuk menggelorakan narasi kebangsaan untuk mencegah paham terorisme.

Peresmian Warung NKRI Jember oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) berlangsung, Minggu (4/12/2022).

Peresmian ini dihadiri Pj Sekda Kabupaten Jember Arief Tjahjono, Rektor UNEJ Dr Ir Iwan Taruna, Rektor UIN KHAS Jember Prof Dr Babun Suharto, Rektor UNMUH Jember Dr Hanafi, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jatim Dr Hj Hesti Armiwulan S, serta Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim Muhammad Arum Sabil.

Pembentukan Warung NKRI yang pertama di Jember ini melibatkan Kwartir Daerah Jatim, akademisi kampus di wilayah Jember, dan dengan pemerintah daerah.
Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H mengajak kepada pramuka Jatim untuk proaktif meningkatkan kewaspadaan masyarakat terutama anak muda terhadap propaganda yang destruktif melalui Warung NKRI.

“Pramuka ini menjadi sarana komunikasi bagi teman sebayanya dalam membangun kebhinnekaan dan karakter keindonesiaan. Ketahanan anak muda dan kewaspadaan kita harus ditingkatkan,” kata Boy Rafli saat peresmian Warung NKRI dan dialog kebangsaan.

Mantan Kapolda Papua ini berharap kehadiran Warung NKRI Jember dapat merevitalisasi nilai Pancasila, memperkuat narasi positif di tengah maraknya disinformasi, serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

“Kita buka ruang publik dengan dialog-dialog kebangsaan. Semoga ini semakin membumikan suara emas kebangsaan yang harus kita lemparkan ke ruang publik di tengah distorsi informasi hari ini,” tegas Boy Rafli.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bakesbangpol Provinsi Jatim Eddy Supriyanto mengapresiasi program soft approach BNPT RI khususnya di Provinsi Jatim. Menurutnya Warung NKRI merupakan wujud inovasi pencegahan radikalisme dengan mengerahkan seluruh kekuatan negeri.

“Kami mengapresiasi berdirinya Warung NKRI Jember, sebuah program soft approach dengan pemberdayaan ekonomi yang menjadi pelopor dalam mewujudkan revitalisasi nilai Pancasila,” ujar Eddy.

Eddy berpendapat jika Warung NKRI merupakan inovasi pencegahan radikalisme dengan pelibatan peran serta semua pihak untuk bersama meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Warung NKRI merupakan salah satu program Sinergisitas pencegahan terorisme yang dilakukan BNPT RI bersama pemerintah di level pusat dan daerah, akademisi, komunitas, media, dan pelaku usaha. Selain menjalankan fungsi warung, Warung NKRI juga akan menjadi ruang diskusi dan dialog terkait nilai-nilai kebangsaan. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kunjungi Pusat Deradikalisasi di Riyadh, BNPT RI Pelajari Cara Arab Saudi Sadarkan Teroris

27 Januari 2023 - 10:58 WIB

Gagal Dapat Udang Saat Memancing, Nyawa Melayang

26 Januari 2023 - 23:11 WIB

BNPT Gandeng PT Pegadaian Kolaborasi Tanggulangi Terorisme

25 Januari 2023 - 22:02 WIB

Jadi Bengkelpun, Anggota Lantas Ini Siap Demi Tugasnya sebagai Pelayan Masyarakat

25 Januari 2023 - 17:49 WIB

Malam Tahun Baru Imlek 2574 Kongzii dan Cap Go Meh Tahun 2023, Polres Kubu Raya Kerahkan 139 Personel

21 Januari 2023 - 14:38 WIB

Rawan Karhutla, Kalbar Mesti Waspada

21 Januari 2023 - 14:24 WIB

Trending di Daerah