Menu

Mode Gelap

Nasional · 13 Mei 2022 19:50 WIB ·

Cegah Terorisme dan Radikalisasi, BNPT-Uni Eropa Gelar Seminar di Jakarta


					Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Uni Eropa kerja sama menggelar seminar mencegah terorisme dan melawan radikalisas. (foto:istimewa) Perbesar

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Uni Eropa kerja sama menggelar seminar mencegah terorisme dan melawan radikalisas. (foto:istimewa)

Jakarta, reportasenews.com  – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Uni Eropa kerja sama menggelar seminar mencegah terorisme dan melawan radikalisasi. Seminar ditujukan untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik melalui deteksi sinyal-sinyal terorisme dan berbagi informasi.

Seminar berlangsung di Jakarta, 11-12 Mei 2022. Seminar regional Indo-Pacific ini bertajuk ”
“Preventing Terrorist Attacks and Fighting Radicalization Through Better Detection of Weak Signals and Information Sharing”.

Kepala BNPT Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH menyatakan seminar memiliki peran penting dalam memperkuat upaya penanggulangan terorisme.

“Kegiatan seminar ini dapat meningkatkan kerja sama dalam penanggulangan terorisme yang selama ini telah dibangun antara Indonesia dengan Uni Eropa,” katanya.

Tema yang diambil dalam seminar, tutur Boy, sangat relevan untuk dibahas mengingat ancaman  terorisme bergerak secara dinamis dengan memanfaatkan teknologi dan era disrupsi. Seminar juga membahas pemutakhiran data dan informasi, pemolisian masyarakat dan tantangan dalam menghadapi era disrupsi dan teknologi media digital (media sosial).

“Beberapa hal dibahas dan ini sangat relevan dalam memperluas pengetahuan dan pemahaman kita dalam penanggulangan terorisme,” jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan UE untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket menjelaskan UE telah menempatkan kejahatan terorisme sebagai prioritas utama. Untuk itu UE memiliki komitmen dalam mengembangkan kerjasama yang baik dan efektif dalam menanggulangi ancaman terorisme.

“Kerja sama negara lintas benua sangat penting. Ada topik terkait terorisme yang patut kita bahas bersama seperti di bidang teknologi dan desiminasi konten terorisme di dunia online,” jelasnya.

Koordinator UE Bidang Penanggulangan Terorisme Ilkka Salmi menyebut negara di dunia harus dapat meminimalisir pemanfaatan teknologi oleh kelompok terorisme dan meningkatkan kemampuan penegak hukum dalam menanggulangi terorisme menggunakan kemajuan teknologi saat ini.

“Negara harus mengurangi pemanfaatan teknologi oleh kelompok terorisme dan pihak keamanan negara harus paham dengan teknologi baru guna melawan ancaman terorisme termasuk di bidang ancaman siber dan maritim,” kata Salmi. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

IPW Dorong Perseteruan Perwira Polri Dengan Mertua dan Adik Iparnya Diakhiri Secara Damai

27 Mei 2022 - 22:17 WIB

DPDR Gelar Paripurna PAW Anggota Fraksi PDIP Sisa Masa Jabatan 2019-2024

27 Mei 2022 - 19:44 WIB

IPW Minta Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI Jelaskan Penghentian Kasus Korupsi Pengadaan Helikopter AW-101

27 Mei 2022 - 17:10 WIB

Pastikan Keamanan Perayaan Kenaikan Isa Al Masih, Polres Ngawi Perketat Gereja

26 Mei 2022 - 17:12 WIB

Gairahkan Otomotif Ngawi Lebih Bergengsi, Black Hoe Racing Team Hadir Ditengah Masyarakat

25 Mei 2022 - 16:24 WIB

Presiden Buka Forum Kebencanaan GPDRR di Bali

25 Mei 2022 - 14:45 WIB

Trending di Nasional