Menu

Mode Gelap

Catatan Isson · 13 Jan 2017 09:00 WIB ·

Delapan Ikan Laut Paling Brutal Dipancing Dikelas Game Fish Perairan Dangkal


					Memancing ikan kelas Game Fishing mencari sensasi perlawanan brutal/ Horizon Perbesar

Memancing ikan kelas Game Fishing mencari sensasi perlawanan brutal/ Horizon

Reportasenews.com: Pemancing yang mencari species ikan laut dengan perlawanan paling berat saat dikail bisa jadi adalah 8 jenis ikan ini. Beberapa diantaranya ada diwilayah Indonesia yang suka berenang diperairan pantai dan terumbu dangkal. Jenis ini masuk dalam kategori Game Fish, yakni ikan yang selalu memberi perlawanan brutal saat dipancing, memberontak kuat atau melompat keatas, dan ini menjadi daya tariknya karena butuh strategi alat yang baik dan fisik prima.

GIANT TREVALLY (Caranx ignobilis) atau ikan Kuwe Gerong
GT sesuai dengan tampangnya, dia petarung yang sangat kuat. Salah satu yang terbesar dari jack (keluarga Carangidae), GT adalah salah satu ikan yang paling populer dikelas Game Fishing, tersebar diseluruh dunia seperti Indonesia, Australia, Kaledonia Baru, Oman, Kepulauan Andaman dan bahkan Hawaii. Sebuah cara favorit bagi pemancing adalah casting melempar popper besar dan stickbaits diatas karang dangkal, mereka bermain didekat permukaan air. Rekor dunia IGFA adalah 69 kg tertangkap di perairan Jepang pada tahun 2006.

 

ROOSTERFISH (Nematistius pectoralis)
Ikan ini mirip dengan ayam jantan, karena itu dipanggil dengan nama Roosterfish dengan bentuk  bisa dibilang yang paling eksotis dari semua jenis Game Fish karena warna khas mereka, dorsal fins tinggi, seperti sisir yang unik. Setiap pemancing yang menangkap mereka akan tahu bahwa ikan ini adalah pejuang sejati yang sangat sulit ketika terpancing. “Ayam jantan” akan melompat dan dapat memberikan pertunjukan diudara dengan cara spektakuler. Mereka ditemukan di perairan tropis Meksiko selatan ke perairan Peru. Catatan rekor IGFA untuk ikan ini tertangkap di La Paz, Meksiko, pada tahun 1960, adalah 51,7 kg.

 

MAORI WRASSE (Cheilinus undulatus)
Maori (alias Napoleon wrasse) adalah ikan petarung dengan tenaga besar dengan bobot bisa mencapai 181kg atau lebih, jauh melebihi manusia. Jika terpancing, maka tidak ada yang bisa menghentikan mereka berenang kembali kedalam dasar atau sekitar karang. Hebatnya mereka cukup kuat, mereka menjelajah pergi ke mana pun mereka inginkan. Ditemukan diseluruh Indo-Pasifik, rekor dunia IGFA adalah 19,5 kg.

 

PAPUAN BLACK SNAPPER (Lutjanus goldiei)
Secara umum disebut “bass hitam,” ini kakap yang kuat, pada kenyataannya hidup di sungai-sungai atau muara sungai di Papua bagian selatan, Sukanya berada di perairan dengan arus kencang di perairan keruh berlumpur berputar-putar. Ada pemancing yang mengklaim memegang ikan ini seberat 21 kg di Desember 2015.

 

PACIFIC CUBERA SNAPPER (Lutjanus novemfasciatus)
Ada spesies lain dari ikan kakap cubera yakni: ikan kakap Atlantik dan versi Afrika. Namun, tidak seperti kakap lainnya, ikan Pacific cubera suka berkeliaran tanjung berbatu dan terumbu dangkal, dan dengan demikian adalah target utama diperairan pantai untuk pemancing yang memakai cara dengan melemparkan popper besar dan stickbaits. Rekor dunia dari 36kg telah dibuat sejak 1988 di Costarica.

 

RED STEENBRAS (DenItex ruprestris)
Ikan Steenbras agresif diperairan pesisir Afrika Selatan adalah jenis ikan terbesar dari keluarga itu dan ikan ini mempunyai gigi taring besar. Predator ini tumbuh lambat dan cukup berharga sehingga memancing dia diatur secara ketat. Rekor dunia adalah 56,3kg di Eastern Cape wilayah Afrika Selatan, yang diambil tahun 1994.

 

CALIFORNIA YELLOWTAIL (Seriola lalandi)
Meskipun mirip dalam morfologi dengan amberjack, California Yellowtail (tertangkap terutama di Southern California selatan sepanjang Baja dan Laut Cortez) sering muncul diperairan cukup dekat pantai dan disekitar tempat rumput laut dan batu. Ironisnya, hanya satu rekor IGFA California Yellowtail bukan berasal dari California Baja tapi dari Jepang: 49,50kg diambil pada tahun 2009.

 

GOLDEN TREVALLY (Gnathanodon speciosus)
Ikan ini adalah petarung sejati sampai tetes darah terakhir. Ukuran fisik mereka hampir seperti giant trevally saudaranya, ikan ini akan melawan habis-habisan jika terkena kail. Mereka juga mempunyai penampilan sangat mencolok dengan warna kuningnya.Peredaran mereka ada diseluruh Indo-Pasifik sampai ke Pasifik timur, dari Baja selatan ke Ekuador. Mereka ditangkap di perairan pesisir pantai Australia, mereka menjadi target utama pemancing surf casting (dari pantai lempar umpan). Rekor dunia IGFA berasal dari Australia Barat pada tahun 2002, dengan berat sekitar 14kg (HSG/ Sport Fishing/ Pic linked)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 462 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

IPW Dorong Perseteruan Perwira Polri Dengan Mertua dan Adik Iparnya Diakhiri Secara Damai

27 Mei 2022 - 22:17 WIB

DPDR Gelar Paripurna PAW Anggota Fraksi PDIP Sisa Masa Jabatan 2019-2024

27 Mei 2022 - 19:44 WIB

IPW Minta Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI Jelaskan Penghentian Kasus Korupsi Pengadaan Helikopter AW-101

27 Mei 2022 - 17:10 WIB

Pastikan Keamanan Perayaan Kenaikan Isa Al Masih, Polres Ngawi Perketat Gereja

26 Mei 2022 - 17:12 WIB

Gairahkan Otomotif Ngawi Lebih Bergengsi, Black Hoe Racing Team Hadir Ditengah Masyarakat

25 Mei 2022 - 16:24 WIB

Presiden Buka Forum Kebencanaan GPDRR di Bali

25 Mei 2022 - 14:45 WIB

Trending di Nasional