Search

Demi Ibu dan Lima Adik, Demi Gerakan Peduli Anak Yatim

Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto saat berkunjung ke kediaman KH. Tubagus Ahmad Syadzili Wase. (Foto. Istimewa)

Banten, Reportasenews – Ade Kosasih, namanya. Ia anak yatim berusia 18 tahun. Di usia yang masih belia, ia bekerja serabutan demi menghidupi ibu dan lima adiknya, yang juga masih sangat belia. Sejak sang ayah wafat, Ade Kosasih yang berasal dari Cibaliung, Pandeglang, Banten, tersebut otomatis menjadi tulang punggung keluarga.

Menanggung beban yang belum patut menjadi bebannya, tentulah membuat kita tergugah sekaligus tersentak. Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto bukan hanya tergugah. Kapolda langsung mendatangi rumah Ade Kosasih, memberikan bantuan.

Ada bantuan paket pendidikan, paket sembako, serta tabungan senilai 22 juta rupiah.

“Saya berharap gerak cepat membantu anak yatim tersebut, bisa menggerakkan warga agar peduli pada masyarakat yang tidak mampu, janda, dan anak yatim,” ujar Rudy Heriyanto, pada Kamis (10/06/2021) di Polda Banten.

Irjen Pol Rudy Heriyanto saat menyerahkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19. (Foto. Istimewa)

Kepedulian Kapolda Banten tersebut, tentu saja patut kita apresiasi. Bantuan terhadap Ade Kosasih hanya salah satu contoh, dari sekian banyak wujud kongkrit kepedulian yang sudah ia lakukan. Baik ketika menjabat jabatan sebelumnya, maupun kini saat menjadi Kapolda Banten.

KH Tubagus Ahmad Syadzili Wasi, salah seorang kiai berpengaruh dari trah Kesultanan Banten mengungkapkan, Rudy Heriyanto adalah sosok Kapolda Banten yang sangat peduli kepada anak yatim.

“Kapolda ini kan pemimpin kita yang luar biasa. Kepeduliannya kepada anak yatim tentulah humma kaha taini fil jannah,” ujar kiai Tubagus Ahmad Syadzili Wasi saat ditemui di kediamannya, Jumat (11/6/2021).

Isson Khairul saat mewawancarai KH Tubagus
Ahmad Syadzili Wase di Serang, Banten. (Foto. Budi Tanjung)

Kiai Ahmad Syadzili menuturkan, kepedulian Rudy Heriyanto kepada anak yatim tentulah mengalirkan pahala baginya selama hidup di dunia, serta mendapat ganjaran jannah di akhirat kelak. Artinya, kepedulian ini hendaknya menjadi motivasi warga untuk menumbuhkan kepedulian kepada sesama.

Kepedulian yang demikian, sejalan dengan program Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, yang dinamakan Polisi Sayang Anak Yatim. Ini salah satu implementasi dari 12 Commander Wish Polda Banten. Program kongkrit yang langsung bermanfaat untuk warga.

Rudy memang fokus pada program yang memberi manfaat langsung pada warga. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, yang hampir seluruh warga terdampak secara langsung dan tak langsung.

Karenanya Kiai Ahmad Syadzili mendukung penuh kebijakan Kapolda Banten tersebut. Termasuk, dalam hal gerakan memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan mendorong warga menaati protokol kesehatan.

Kepada warga yang datang berziarah ke kawasan Kesultanan Banten, ia menerapkan protokes wajib 3 M agar destinasi religi itu tidak menjadi klaster Covid-19.

Sinergitas Kapolda Banten dan para tokoh ulama seperti Kiai Ahmad Syadzili dalam penanganan pandemi Covid-19 ini tentu saja pantas kita tauladani dan apresiasi. (Isson Khairul)




Loading Facebook Comments ...