Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 6 Mar 2024 16:17 WIB ·

Diduga Beda Pilihan di Pemilu 2024, Kades Sletreng Pecat Kepala Dusun


					Diduga Beda Pilihan di Pemilu 2024, Kades Sletreng Pecat Kepala Dusun Perbesar

Suryadi Kadus Komerian, Desa Sletreng, saat menunjukan SK pemberhentian.

 

Situbondo, reportasenews.com – Diduga karena beda pilihan dalam Pemilu 2024, Kepala Desa (Kades) Seletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo, memecat Suryadi (32) dari jabatannya sebagai Kepala Dusun (Kadus) Komerian, Desa Sletreng.

Ironisnya, dalam surat keputusan pemberhentian tertanggal 5 Maret 2024 yang ditandatangani Taufik Hidayat Kades Seletreng, dengan rekomendasi Jonaidi Camat Kapongan, tidak jelas dasar hukum dan kesalahan yang dilakukan oleh Kadus Komerian tersebut.

“Makanya, saya mendatangi kantor Kecamatan Kapongan, untuk mempertanyakan kesalahan saya kepada camat, dan ternyata yang dijadikan dasar itu kasus tahun 2021 lalu, saat Kadir sebagai camat Kapongan. Bahkan, kasus tersebut sudah selesai,”ujar Suryadi, Rabu (6/3/2024).

Menurut, karena yang dijadikan dasar oleh Kasi Pemerintahan Cama
Kecamatan Kapongan itu, kasus lama dan sudah selesai. Oleh karena itu, pihaknya akan melawan SK pemberhentian sepihak tersebut.

“Karena pemberhentian dilakukan sepihak. Makanya, saya akan menunjuk kuasa hukum untuk melawan tindakan arogan Kades Seletreng,”katanya.

Suryadi menjelaskan, diakui sebelum Pemilu pada 14 Februari 2024 lalu, Kades Seletreng minta tolong agar mendukung kakaknya yang maju sebagai Caleg di salah satu partai. Namun, saat pencoblosan di TPS Komerian suara kakaknya kalah dari Caleg partai lain.

“Diduga kuat, yang menjadi dasar SK pemberhentian saya sebagai Kadus, karena suara kakaknya kalah di TPS Komerian,”bebernya.

Sementara itu, Taufik Hidayat Kades Seletreng, saat dihubungi melalui ponselnya membantah tudingan, dasar pemberhentian Kadus Komerian adanya unsur politik.

“Tidak benar dasar pemberhentian ada unsur politik, namun banyak kesalahan yang dilakukan Suryadi selaku Kadus. Jadi, saya katakan pemberhentiannya sesuai prosedur,”ujar Taufik, saat dihubungi melalui ponselnya. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ini Alasan Bank Centris Selama 20 Tahun Tidak Melakukan Gugatan 

24 April 2024 - 20:38 WIB

MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke

24 April 2024 - 19:55 WIB

Pura-pura Pasang Kelambu, Bapak Cabuli Anak Kandung di Kubu Raya, Ibu Lapor Polisi

24 April 2024 - 16:12 WIB

Diterkam Buaya, Kaki Kanan Ibu RT Putus

24 April 2024 - 16:07 WIB

Unaja Jambi Beri Potongan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

24 April 2024 - 16:02 WIB

KPU Tanjab Timur Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024

24 April 2024 - 14:24 WIB

Trending di Daerah