Search

Dimasa Pandemi Covid Permintaan Hewan Qurban di Binjai Turun

Binjai, Reportasenews – Angka penyembelihan hewan kurban di Kota Binjai pada puncak Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah diperkirakan menurun hingga 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi tersebut berkurangnya permintaan hewan kurban akibat daya beli  masyarakat selama pandemi COVID-19.

“Tahun ini, permintaan hewan kurban diperkirakan menurun sekitar 25 persen,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Kadis Ketapangtan) Kota Binjai, Ir Agustawan Karnajaya.

Agustawan yang didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kabid Nakkeswan), drh Jefri Helmi, usai melepas Tim Pemeriksa Antemortem dan Postmortem Hewan Kurban Kota Binjai di Peternakan Kelompok Tani Karya Bersama, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Lingkungan I, Kelurahan Bandarsenembah, Kecamatan Binjai Barat, Sumatera Utara, memprediksi penurunan angka penyembelihan hewan kurban diketahui berdasarkan pendataan dari seluruh masjid dan panitia kurban di Kota Binjai, serta angka penjualan dan distribusi hewan kurban di tingkat peternak.

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, sejauh ini penjualan hewan kurban di Kota Binjai, mulai dari sapi, lembu, kambing, hingga domba, masih di angka 1.200 ekor. Padahal pada momentum Iduladha 1441 Hijriah lalu, jumlah penjualan hewan kurban mencapai lebih dari 1.500 ekor.

“Meskipun demikian kami akan tetap melakukan pendataan melalui lurah, BKM dan panitia pelaksana kurban, termasuk mendata seluruh tempat penjualan hewan kurban yang ada di Kota Binjai,” jelas Agustawan.

Secara khusus dia mengakui, pada 20 Juni 2021 lalu, Dinas Ketapangtan Kota Binjai telah mendapatkan fasilitas pelatihan penyembelihan hewan kurban dari Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Sehingga mulai hari ini, tim kita akan menyebar ke tiap kecamatan di Kota Binjai untuk mendata jumlah populasi dan memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban, hingga 23 Juli 2021 mendatang,” seru Agustawan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Ternak Karya Bersama, Aminuddin, mengakui, permintaan hewan kurban menjelang Iduladha 1442 Hijriah memang mengalami penurunan hingga 30 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 200 ekor sapi dibandingkan tahun ini hanya 130 ekor. (PRB)




Loading Facebook Comments ...