Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Nasional · 5 Okt 2016 13:39 WIB ·

Dirjen KSDAE: Dukung Aksi Bersih Sampah di Taman Nasional Gede-Pangrango


					FOTO: Ilustrasi Perbesar

FOTO: Ilustrasi

JAKARTA, REPORTASE – Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Dr Ir Tachrir Fathoni MSc mendukung rencana kegiatan bersih gunung yang dilakukan oleh organisasi pendaki gunung TRAMP-Korps Marinir-RMOL, pada 28-30 Oktober 2016 mendatang.

Dalam pertemuan dengan Ketua TRAMP Hendrata Yudha dan Ketua Forwahut Sugiharto di kantornya Manggala Wanabhakti, kemarin, Dirjen Dr. Ir Tachrir Fathoni MSc menyebutkan dia senang sekali jika para pecinta alam tidak pernah melupakan semangat konservasi lingkungan.

“Ini kegiatan bagus yang perlu dukung. Saya malah berterima kasih jika pecinta alam concern mau mengambil sampah di gunung. Tekanan sampah yang tak bisa diurai, memang besar bagi taman nasional. Nanti saya akan instruksikan agar Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango membantu mengelola sampah yang telah diturunkan,” katanya,

Kegiatan bersih gunung yang akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan  88 tahun Sumpah Pemuda, akan dilakukan di sepanjang jalur pendakian Cibodas-Kandang Badak-Puncak Pangrango. Melibatkan sekitar 300 orang yang terdiri atas pendaki gunung, jurnalis peduli lingkungan dan Korps Marinir dengan target menurunkan 1 ton sampah yang tak bisa diurai oleh proses biologi (Non-biodegradable).

Dirjen KSDAE percaya,  jika kegiatan bersih gunung ini dimulai  dengan niat tulus maka pekerjaan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup akan semakin mudah karena melibatkan semua pihak.

“Apalagi ini ada Korps Marinir, saya yakin pasti beres ini menurunkan sampah sampai 1 ton. Ini pas dengan semangat Sumpah Pemuda,” katanya Dr Ir Tachrir Fathoni MSc.

Sampah adalah masalah bersama yang harus ditangani sebagai gerakan sosial, bukan hanya tanggungjawab pemerintah. (HYW)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Bupati Karna Suswandi, Panen Raya Padi BK 01

23 Februari 2024 - 21:01 WIB

Pemkab Situbondo Segera Cairkan Honor Ribuan Linmas yang Tertunda

23 Februari 2024 - 17:58 WIB

Trending di Daerah