Menu

Mode Gelap

Niaga · 5 Mar 2019 23:14 WIB ·

Disdikbud Situbondo, Mulai Verifikasi Soal UASBN SMP Tahun 2019


					Kasie SMP Disdikbud Situbondo, Hasan Basri (kanan); Ketua MKKS SMPN, Muhammad Arif (dua dari kanan) bersama tim verifikasi soal UASBN. (foto:fat) Perbesar

Kasie SMP Disdikbud Situbondo, Hasan Basri (kanan); Ketua MKKS SMPN, Muhammad Arif (dua dari kanan) bersama tim verifikasi soal UASBN. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional (UASBN) Tahun 2019,  kisi-kisi serta soal UASBN untuk jenjang pendidikan  SMP di Kabupaten Situbondo sudah selesai dibuat, sehingga saat ini,  tim langsung  melakukan verifikasi terhadap soal UASBN  tersebut.
Hasan Basri, Kasie SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab  Situbondo,  mengatakan, verifikasi untuk memilih soal yang sesuai dengan standar kompetensi pembuatan soal. “Dari masing-masing mapel (mata pelajaran) dibuat sebanyak mungkin. Itu yang diverifikasi saat ini,”kata Hasan Basri, Selasa (5/3/2019).
Menurutnya, kisi-kisi tersebut  dibuat pada tanggal 25 Februari lalu, untuk  pembuatan soal pada tanggal 01 Maret. Sedangkan dari masing-masing mapel, tim pembuat soal terdiri dari empat orang dewan guru yang didampingi pembina mapel, dengan diawasi langsung pengurus musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS). “Kami dari dinas hanya memfasilitasi dan berkoordinasi dengan MKKS,”bebernya.
Lebih jauh Hasan menegaskan, ada sepuluh mapel yang dibuatkan soal. Berdasarkan ketentuan, soal UASBN sekitar 20-25 persen berasal dari Kemendikbud. 75-80 persen dari tim pembuat soal di tingkat kabupaten.
“Sesuai rencana, UASBN SMP akan dlaksanakan pada  08 April mendatang. Dari sepuluh mapel yang diujikan, empat di antaranya berbasis komputer. yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS. Sisanya berbasis kertas dan pensil,”katanya.
Hasan menerangkan, ujian berbasis sekolah itu merupakan tolak ukur kesiapan siswa menghadapi ujian nasional nanti.” Di situ bisa diukur sejauh mana kompetensi siswa dalam memahami setiap mapel yang diajarkan,”pungkasnya.(fat)
Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hati-Hati dengan Iming-Iming Keuntungan Investasi Fantastis

19 Mei 2024 - 12:12 WIB

Gandeng Sm-art Batik, BPDPKS Selenggarakan Sosialisasi dan Inkubasi Malam Sawit di Cirebon

4 Mei 2024 - 11:49 WIB

Rumah Tajwid, Menebar Cahaya Al-Qur`an di Benua Eropa

1 Mei 2024 - 20:21 WIB

Aksi Kemanusiaa untuk Palestina Merdeka

6 April 2024 - 05:50 WIB

Hadir di INACRAFT 2024, Batik Tulis Malam Sawit Sm-art Batik Akan Lakukan Demo dan Edukasi Membatik dengan Malam Sawit

26 Februari 2024 - 15:46 WIB

Eks Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

26 Desember 2023 - 14:48 WIB

Trending di News Feed