Menu

Mode Gelap

Daerah · 21 Jul 2023 17:49 WIB ·

DKPP Ngawi Berusaha Tingkatkan Produktivitas Tembakau


					DKPP Ngawi Berusaha Tingkatkan Produktivitas Tembakau Perbesar

Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Ngawi terus berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian tembakau dan luas tanam di kalangan para petani.

 

Ngawi, reportasenews.com  –  Selain padi, tanaman tembakau kini juga menjadi salah satu komoditas unggulan hasil pertanian di Kabupaten Ngawi. Karenanya, Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Ngawi terus berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian tembakau dan luas tanam di kalangan para petani.

Salah satunya dengan melaksanakan sosialisasi peningkatan produksi pertanian tembakau dan luas tanam
yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT). Sosialisasi diikuti sejumlah petani tembakau di Kabupaten Ngawi yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian pada Jumat (21/07/2023) pagi.

“Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Ngawi terus berusaha meningkatkan produksi pertanian tembakau. Terlebih tembakau merupakan produk unggulan pertanian selain padi di Ngawi,” terang Frengky Kepala Bidang Sarana Dan Prasarana Tanaman Pangan.

Sementara itu, Ketua APTI Kabupaten Ngawi, Sojo, saat ditemui awak media ini menyampaikan pada tahun 2023 luasan tanam tembakau diperkirakan mencapai 1.500 hektar lebih atau mengalami peningkatan cukup pesat dari tahun sebelumnya realisasi tanam tembakau hanya sekitar 3.00 hektar. Untuk estimasi produksi rata-rata 1,7 ton tembakau rajang jawa lokal per hektar.

“Selama ini varietas yang menjadi andalan petani tembakau di Ngawi, namun belum tersertifikasi yaitu jenis tembakau Purwosoto. Kelebihan produktivitas tinggi, pemeliharaan gampang dan pangsa pasar jelas,” jelas Sojo. (don)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah