Search

DPP Partai Demokrat, Ajukan  Janur Sebagai Bacawabup Yoyok Mulyadi 

Janur Sastra Ananda, ketua DPC Partai Demokrat Situbondo.

 

Situbondo,reportasenews.com – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat mengajukan Janur Sasra Ananda sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) untuk  mendampingi Yoyok Mulyadi, dalam Pilkada Situbondo  2020, yang diagendakan dilaksanakan pada 9 September 2020 mendatang.

Terungkapnya restu DPP Partai Demokrat kepada Janur Sastra Ananda selaku  ketua DPC Partai Demokrat Situbondo untuk mendampingi Bacabup Yoyok Mulyadi itu,  tertuang dalam surat tugas nomor: 63/INT/DPP.PD/VI/2020.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Demokrat, Hadi Priyanto mengatakan, surat tugas tersebut sekaligus rekomendasi partai. Akan tetapi karena yang diusulkan kader, sehingga bentuknya surat tugas.

“Sahabat saya, Janur Sasra Ananda mendapatkan surat tugas, agar itu ditindaklanjuti dengan mengusung pasangan Yoyok Mulyadi-Janur Sasra Ananda,”kata Hadi Priyanto, Selasa (16/6/2020).

Pria yang akrab dipanggil Hadi menegaskan, surat tugas tersebut tidak terbit begitu saja. Namun,  DPP sudah  mempertimbangkan dengan  matang untuk mengusung ketua DPC Partai Demokrat Situbondo.

“Kita juga sudah melakukan proses penjaringan internal. Kami mengajukan kandidat wakil bupati sebagaimana isi surat tugas DPP Partai Demokrat,”bebernya.

Hadi mengaku, analisa partai di tingkat ranting sampai cabang, sudah mengerucut ke satu nama sebagai pendamping Yoyok. Dia yakin, jika pasangan Yoyok Mulyadi-Janur Sasra Ananda maju di pilkada, kemenangan akan mencapai di atas 60 persen. “Itu yang kami analisa di partai, sehingga memberanikan diri mengusung pasangan ini,” kata Hadi.

Selanjutnya, Bappilu akan berkomunikasi dengan partai-partai koalisi. Sampai saat ini, sudah ada lima partai politik yang mengusung Yoyok sebagai calon bupati. Selain Demokrat, ada PKB, Golkar, PKS, dan Hanura. “Besar harapan kami, proses ini berjalan lancar dan diterima partai koalisi,” imbuhnya.

Sementara itu, Janur Sasra Ananda membenarkan adanya amanah dari partai untuk maju di pemilihan bupati tahun ini. Dia mengatakan, pengajuan dirinya sebagai calon wakil bupati tertuang dalam surat tugas DPP Demokrat. “Setelah mendapatkan tugas, kami akan kerja kerja politik. Yaitu memantapkan koalisi yang suda ada antara PKB, Demokrat Golkar, PKS, dan Hanura,” katanya.

Janur mengatakan, dalam Pemilu Legislatif (Pileg) lalu, Partai Demokrat hanya memperoleh lima kursi di DPRD. karena itu, untuk bisa mengusung calon, harus berkoalisi. “Dalam hal ini, saya sebagai Ketua DPC diberi amanah untuk diusulkan sebagai pendamping calon bupati yang disepakati teman-teman koalisi,” ujar Janur.

Janur menegaskan, jika partai koalisi mempercayakannya sebagai cawabup mendamping Yoyok, dirinya bersedia mundur dari anggota DPRD. Untuk membangun komunikasi, Janur memasarahkan kepada Bappilu.

Hasil komunikasi itu akan disampaikan ke DPP. Dia mengatakan, tujuan pengusulan itu, untuk meningkatkan elektabilitas calon bupati yang didukung. “Kami dibatasi 30 hari untuk menyampaikan apapun hasilnya kepada DPP melalui DPD Demokrat Jatim,” pungkasnya. (fat)




Loading Facebook Comments ...