Menu

Mode Gelap

Daerah · 1 Feb 2024 14:40 WIB ·

DPRD Dukung Penuh Keputusan Gubernur Jambi Soal Jalur Angkutan Batu Bara


					DPRD Dukung Penuh Keputusan Gubernur Jambi Soal Jalur Angkutan Batu Bara Perbesar

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto.

 

Jambi, reportasenews.com – Keputusan Gubernur terkait penetapan angkutan batu bara menggunakan jalur sungai, serta  tidak memperbolehkan truk batu bara menggunakan jalan nasional mendapat dukungan penuh dari DPRD Provinsi Jambi

“Terkait adanya surat dari Dirjen Minerba Kementerian ESDM kepada Pemerintah Provinsi Jambi, kami dari dewan dengan tegas tetap mendukung keputusan Gubernur Jambi Al Haris untuk menggunakan jalur sungai sebagai transportasi angkutan batu bara di wilayah Jambi,” kata Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, di Jambi Kamis, seperti dilansir antaranews.com.

Pemprov Jambi diminta untuk konsisten menjalankan keputusan bersama dengan menghentikan angkutan batu bara yang melintasi jalan nasional, dan mewajibkan penggunaan jalur sungai sebagai transportasi angkutan batu bara seperti yang dilakukan saat ini.

“Sudah banyak dampak yang ditimbulkan dengan aktivitas angkutan batu bara yang melintas melalui jalan nasional, tidak hanya terkait masalah kemacetan, mobilitas angkutan batu bara yang tinggi juga menyebabkan banyak jatuh korban jiwa akibat kecelakaan yang disebabkan truk angkutan batu bara di jalan raya,” katanya.

“Maka ini juga harus dipertimbangkan dan juga harus menjadi diperhatikan pemerintah pusat. Oleh karena itu,  keputusan bersama oleh DPRD, Gubernur dan Forkompimda dalam menyetop angkutan batu bara melewati jalan nasional wajib dijalankan,” katanya.

​Menurut dia, seharusnya Kementerian ESDM memberikan dorongan kepada pengusaha angkutan batubara untuk segera merealisasikan jalan khusus angkutan batu bara.
​​​​​​
“Harusnya Dirjen Minerba sama-sama mendorong agar pengusaha membangun jalan khusus, tidak lagi menggunakan jalan nasional atau umum, ini yang harus didorong sampai betul-betul dilaksanakan,” katanya.

Edi Purwanto juga menerangkan bahwa Komisi V DPR RI juga sependapat harus ada jalan khusus yang dibuat oleh perusahaan agar bisa dilewati oleh kendaraan pengangkut batu bara, sedangkan jalan nasional hanya diperuntukkan untuk jalan umum.

“Jadi jalani saja keputusan yang sudah kita buat bersama, stop angkutan batu bara melintasi jalan nasional,” katanya. (*/ant)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Trending di Daerah