Menu

Mode Gelap

Daerah · 13 Jun 2023 22:27 WIB ·

Dua Hari Terombang-ambing di Perairan Madura, 16 Nelayan Situbondo Berhasil Diselamatkan


					Dua Hari Terombang-ambing di Perairan Madura, 16 Nelayan Situbondo Berhasil Diselamatkan Perbesar

Para nelayan yang berhasil diselamatkan, saat bersama keluarganya di rumahnya.

 

Situbondo, reportasenews.com – Kapal Layar Motor (KLM) selerek dengan nama lambung “Harapan 01” yang membawa 16 nelayan asal Kampung Pesisir Utara, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, mengalami kendala mesin as mesinnya patah, setelah sebelumnya diterjang cuaca buruk di perairan Sepudi, Sumenep Madura.

Bahkan, setelah dua hari terombang-ambing di perairan Sepudi, Sumenep, Madura karena mati mesin, KLM yang dinahkodai Juri (60) dan 15 orang nelayan Situbondo itu, berhasil dievakuasi dengan selamat, setelah Kapal Motor selerek tersebut ditarik oleh KLM Istana milik Tomo nelayan asal Panarukan, yakni ditarik menuju ke tempat pelelangan ikan (TPI) Panarukan, Situbondo.

Diperoleh keterangan, sebelum mengalami kendala mati mesin dan terombang-ambing di perairan Madura, KLM selerek Harapan 01 berangkat dari pelabuhan Panarukan, Kabupaten Situbondo, dengan tujuan untuk mencari ikan di peraiaran Gili Raje, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Namun, sebelum KLM Harapan 01 sampai tujuan, tepatnya saat melintas perairan Sepudi, kapal yang dinahkodai Juri diterjang cuara buruk, sehingga mengalami kendala mesin atau mesinnya mati akibat as mesinnya patah. Akibatnya, selama dua hari kapalnya terombang-ambing dilokasi kejadian.

Sedangkan saat terombang-ambing karena mati mesin, KLM selerek dengan nama lambung Sengon melintas didekat KLM Harapan 01, sehingga KLM sengon milik nelayan asal. Kabupaten Probolinggo memberikan sebagian bekalnya. Usai memberikan bantuan konsumsi, KLM Sengon melanjutkan mencari ikan di perairan Sepudi, hingga akhirnya KLM Harapan 01 berhasil ditarik ke bibir pantai, tepatnya ke TPI Panarukan oleh KLM Istana milik Tomo.

“Saat terombang-ambing di perairan madura, salah seorang nelayan menghubungi keluarganya, sehingga KLM Istana langsung menuju ke lokasi, dan alhamdulillah berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat,”ujar Juri, nahkoda KLM Harapan 01, Selasa (13/6/2023).

Kepala BPBD Kabupaten Situbondo Sruwi Hartanto membenarkan KLM Harapan 01 dan 16 nelayan asal Panarukan itu, berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, berikut KLM harapan 01. Saat ini, belasan nelayan tersebut sudah kembali kepada keluarganya.

“Alhamdulillah, 16 nelayan dan KLM berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, setelah ditarik KLM Istana dari perairan Sepudi ke bibir pantai TPI Panarukan, Situbondo,”katanya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mahasiswa Beri Apresiasi Polri Berpredikat Lembaga Bercitra Baik Versi Litbang Kompas

23 Juni 2024 - 18:47 WIB

Ribuan Emak-emak Besuki, Ikut Jalan Bersama “Mas Rio” Berhadiah Umrah

23 Juni 2024 - 16:24 WIB

Ditinggal ke Pasar, Rumah Nenek Pedagang Jihu dan 2 Kerabatnya Hangus Terbakar

23 Juni 2024 - 16:19 WIB

LBH Mitra Santri, Gugat Bupati Karna Suswandi ke PN Situbondo

22 Juni 2024 - 20:25 WIB

Viral di Medsos, Siswa SDN 1 Cottok Juara 1 Kid Atletik O2N Situbondo Gagal ke Provinsi

22 Juni 2024 - 18:51 WIB

Dinilai Tuntutannya Rendah, Kuasa Hukum Korban Ancam Laporkan JPU ke Jamwas

21 Juni 2024 - 18:53 WIB

Trending di Daerah