Menu

Mode Gelap

Flora Fauna · 4 Mei 2017 20:59 WIB ·

Dua Primata Hampir Punah Dilepasliarkan


					Tim Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang melepsliarkan dua primata hampir punah. Perbesar

Tim Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang melepsliarkan dua primata hampir punah.

Ketapang, Reportasenews.com –  Pelepasliaran   1 ekor Bekantan (Nasalis larvatus) dan 1 individu Klampiau (Hylobates agilis) korban konflik dan sitaan dari warga. Dua satwa dilindungi ini termasuk salah satu primata yang terancam kepunahan.

“Dilepasliarkan oleh Tim Gugus Tugas TSL – Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang, setelah menjalani serangkaian perawatan rehabilitasi dan pemeriksaan kesehatan,” kata kepala seksi Konservasi Wilayah Satu Ketapang, Ruswanto, Kamis (4/5).

Ruswanto merincikan Bekantan diberi nama Sepet, berkelamin betina  usia diperkirakan 3 tahun dengan kondisi mata sebelah kanan cacat. Sedangkan Klampiau bernama Ongki, kelamin jantan usia diperkirakan 5 tahun, dengan kondisi sehat.

“Satwa berasal dari penyerahan masyarakat, untuk  mengembalikan sifat liarnya satwa ini menjalani rehabilitasi selama 1 tahun,” tuturnya.

Upaya pengembalian sifat liar satwa yang telah lama dipelihara, sangat diperlukan untuk dapat satwa yang telah dilepasliarkan bertahan hidup di habitat aslinya.

“Pelepasliaran dilakukan di Hutan Kota Ketapang seluas 91 Ha, Kecamatan Delta Pawan, kawasan ini  dipilih sebagai tempat pelepasliaran setelah melalui survey habitat beberapa satwa sejenis, ketersediaan pakan dan kepadatan populasi,” jelasnya.

Untuk jenis satwa Bekantan dan Klampiau merupakan kegiatan pelepasliaran berkelanjutan yg sudah terjalin atas kerjasama dengan Hutan Kota Ketapang.(das)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LBH Mitra Santri, Gugat Bupati Karna Suswandi ke PN Situbondo

22 Juni 2024 - 20:25 WIB

Viral di Medsos, Siswa SDN 1 Cottok Juara 1 Kid Atletik O2N Situbondo Gagal ke Provinsi

22 Juni 2024 - 18:51 WIB

Dinilai Tuntutannya Rendah, Kuasa Hukum Korban Ancam Laporkan JPU ke Jamwas

21 Juni 2024 - 18:53 WIB

Satu Jamaah Haji Asal Batanghari Meninggal di Mekkah

21 Juni 2024 - 18:46 WIB

PPDB SMPN 8 Kota Madiun Terima Titipan Siswa, Tolak Peserta Luar Kota?

21 Juni 2024 - 16:38 WIB

Dalam Kasus Bank Centris Kemenkeu Menjadi “Pengecut”

21 Juni 2024 - 15:22 WIB

Trending di Hukum