Menu

Mode Gelap

Daerah · 17 Agu 2023 21:46 WIB ·

Dua WNA Asal Prancis, Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Alun-alun Kota Situbondo


					Dua WNA Asal Prancis, Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Alun-alun Kota Situbondo Perbesar

Dua WNA asal Prancis, mengenakan adat Jawa dan Kalimantan, saat mengikuti upacara bendera di Alun-alun Kota Situbondo.

 

Situbondo, reportasnews.com – Ada yang berbeda pada momen upacara pengibaran bendera merah putih, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 di Alun-alun Kota Situbondo, Jawa Timur, Kamis (17/8/2023).

Selain diikuti anggota Forkopimda, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo, dan sejumlah elemen masyarakat Situbondo. Namun, upacara bendera dengan Irup Bupati Karna Suswandi, juga diikuti dua Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis.

Dengan mengenakan pakaian adat Jawa dan Kalimantan, kedua WNA asal Prancis yang diketahui ibu dan anaknya, mereka duduk di kursi undangan VIP di Alun-alun Kota Situbondo. Bahkan, keduanya dideretan istri anggota Forkopimda dan istri para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo.

Praktis, kehadiran dua WNA tersebut menjadi perhatian warga Kota Situbondo. Bahkan, tidak sedikit para istri pejabat Pemkab Situbondo, mereka minta foto bersama dengan dua WNA, yang mengenakan pakaian adat Jawa dan Kalimantan tersebut.

“Hampir sebulan kami berada di Indonesia, dan sekitar sepekan saya dan anak tinggal di Kota Situbondo,” ujar Anne-Catherine Yon, Kamis (17/8/2023).

Menurutnya, dirinya pernah tinggal di Kabupaten Situbondo selama delapan bulan, tepatnya pada tahun 1998 lalu, dirinya tinggal. bersama keluarganya. Sehingga dirinya tidak asing lagi bertemu dengan warga Situbondo.

“Senang dengan warga Situbondo, orangnya ramah, suka menyapa,” katanya menggunakan bahasa Indonesia.

Anne tertarik mengikuti upacara HUT-RI karena melihat antusiasme masyarakat yang menghias rumah dan lingkungannya sedemikian rupa menggunakan pernak-pernik merah putih, mulai dari lampu maupun umbul-umbul.

“Banyak persiapan yang dilakukan oleh warga untuk menyambut ulang tahun kemerdekaan. Makanya saya tertarik mengikuti upacara,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengaku bangga karena pada upacara HUT-RI tahun ini ada yang berbeda. Ada dua warga negara Perancis yang ikut upacara menggunakan baju adat.

“Kami bangga sekali karena upacara memperingati hari kemerdekaan RI di Situbondo, juga diikuti oleh warga negara Perancis,” ujar Bupati Karna Suswandi.

Bupati Karna Suswandi bersyukur karena pelaksanaan upacara berjalan dengan tertib dan lancar, itu karena persiapan dilakukan dengan matang, terutama oleh peserta Paskibraka.

“Alhamdulillah dalam memperingati HUT RI ke-78 berjalan dengan lancar dengan persiapan yang sangat matang,”pungkasnya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Rumah Kakak Beradik di Situbondo Rusak Berat

14 Juli 2024 - 21:18 WIB

DuaGudang Terbakar di Situbondo, Kerugian Materi Mencapai 45 juta

14 Juli 2024 - 21:14 WIB

Ae Mutu Air Tiga Rasa, Nikmati Keindahan Alam dan Budaya di Gunung Kelimutu

14 Juli 2024 - 21:08 WIB

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Trending di Daerah