Menu

Mode Gelap

Daerah · 25 Des 2020 13:32 WIB ·

Dukung Opersi Lilin Semeru 2020, Polres Tulungagung Luncurkan TMC Mobile


					Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung meluncurkan TMC Mobile untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020. (Ist) Perbesar

Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung meluncurkan TMC Mobile untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020. (Ist)

Tulungagung, reportasenews.com – Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung meluncurkan TMC Mobile untuk pengamanan Operasi Lilin Semeru 2020. Peluncuran TMC Mobile ini dilatarbelakangi kebutuhan masyarakat, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Seperti kita ketahui masa pandemi Covid-19 saat ini mengubah tatanan kebiasaan baru kita dalam bertindak. Dalam masa pandemi ini, kita diharapkan menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Handono saat menjelaskan latarbelakang peluncuran TMC Mobile tersebut, Jumat (25/12/2020).

Saat ini, menurut AKBP Handono, Polri dituntut lebih mengedepankan upaya preventif (preventive strike) dibandingkan penegakan hukum. Sebagai pimpinan, AKBP Handono harus melakukan kontrol personel di pos-pos yang ada. Sehingga, TMC Mobile yang diggagas Kasat Lantas Polres Tulungagung menjadi inovasi yang tepat.

“Dalam TMC Mobile ini, kita bisa memantau secara audio dan visual, sehingga bisa berkomunikasi dua arah dengan anggota di pos yang lain tanpa harus datang ke pos tersebut,” jelas AKBP Handono.

TMC Mobile yang diluncurkan Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung adalah mobil truk yang dimodifikasi, sehingga berfungsi sebagai sarana komunikasi, koordinasi, komando, pengendalian dan informasi (K3I) lalu lintas di lapangan.

Di dalam TMC Mobile tersebut terdapat alat komunikasi berupa HT dan CCTV mobile yang bisa diletakkan di titik yang dibutuhkan pada saat operasi.

Tidak hanya di seputaran TMC Mobile, tapi juga bisa diletakkan di pos pengamanan lain maupun daerah rawan yang perlu dipantau di lapangan secara live menggunakan perangkat monitor dan CCTV mobile (CCTV yang dimodifikasi, sehingga bisa dipindah kapan saja) .

TMC Mobile itu juga sebagai kontrol pimpinan yang dapat menerapkan physical distancing dengan meminimalisasi pertemuan dan pengecekan secara langsung ke pos tersebut guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Meminimalisir potensi bahaya di pos lain dengan respon cepat dan termonitor dari TMC Mobile. TMC Mobile ini dibuat berdasarkan kajian teori analisis SWOT,” tutur Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno. (Tjg)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Bawa Kabur Gadis Dibawah Umur, Pria 36 Tahun Ditangkap

27 Januari 2022 - 21:52 WIB

Selidiki Temuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat, Polda Sumut Bentuk Tim Gabungan

27 Januari 2022 - 19:08 WIB

Kajati Banten Geledah Kantor Ditjen Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Petugas Sita  Rp 1,1 Miliar

27 Januari 2022 - 18:00 WIB

Masyarakat Adat Dayak Kalbar Laporkan Edy Mulyadi ke Polisi

27 Januari 2022 - 12:40 WIB

Indahnya Sunset di Ekowisata Telok Berdiri Kubu Raya

27 Januari 2022 - 11:48 WIB

ASN Pelempar Bom Molotov Saat Pelantikan Pejabat Pemkab Ketapang Diamankan Polisi

27 Januari 2022 - 11:43 WIB

Trending di Daerah