Menu

Mode Gelap

Nasional · 14 Nov 2016 16:35 WIB ·

“E Government” Aplikasi Pintar dari Mahasiswa STT Nurul Jadid Paiton


					Mahasiswa kenalkan E Perbesar

Mahasiswa kenalkan E " Government"

REPORTASE- PROBOLINGGO – Semakin meningkatnya animo minat masyarakat  terhadap perkembangan penggunaan Gadget atau Smartphone. Di Kabupaten Probolinggo, 5 mahasiswa  STT ( Sekolah Tinggi Telekomunikasi ) Nurul Jadid Paiton, mengenalkan sebuah aplikasi pintar bernama E Goverment.

E Goverment berfungsi untuk mempermudah masyarakat mengetahui informasi tentang pelayanan publik, seperti : jadwal Posyandu, jadwal siskamling dan lain lain.

Bertempat di desa Sidopekso Kecamatan Kraksaan Wetan, sejumlah mahasiswa STT mulai menerapkan sistem aplikasi pintar tersebut di server PC (komputer) kantor desa.

Aplikasi pintar itu akan bekerja saat petugas desa memberikan informasi ke dalam aplikasi E Goverment, Nantinya secara otomatis informasi tersebar melalui sms Gateway ke semua telphon genggam milik masyarakat yang terdaftar di dalam program E KTP.

Salah satu perancang aplikasi E Goverment, M. Ulin Toha mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi dari kelurahan atau desa, khususnya yang ada di lokasi perumahan. Sistem ini sangat mempermudah akses informasi kepada mereka yang setiap harinya jarang berinteraksi dengan tetangga karena kesibukan pekerjaan.

“sms Gateway cukup efisien dan cepat bagi masyarakat, selain tanpa biaya, informasi yang disampaikan dijamin akurat”, jelas Toha, Senin (14/11).

Rencananya jika hasil dari penerapan aplikasi ini berhasil dan memperoleh respond positif dari masyarakat, Aplikasi pintar ini akan disebarluaskan ke daerah lain yang berminat. (fiq)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sutan Adi Hendra Dampingi Al Haris Maju Pada Pilgub Jambi

20 Mei 2024 - 19:31 WIB

Henry Subiyakto : Starlink Bisa Dimanfaatkan Oleh Sparatis OPM

20 Mei 2024 - 18:45 WIB

Heboh Sesosok Mayat Pria Dalam Gardu PLN di Pontianak

20 Mei 2024 - 17:22 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK Karya Bhakti bersama Masyarakat Perbatasan Perbaiki Akses Jalan

20 Mei 2024 - 13:03 WIB

Ahmad Ditemukan Tewas Setelah Bermain di Lanting Terjatuh ke Sungai Kapuas

20 Mei 2024 - 09:59 WIB

Sah, Sutarmidji – Ria Norsan Bersama Lanjutkan!

19 Mei 2024 - 13:02 WIB

Trending di Daerah