Menu

Mode Gelap

Daerah · 4 Apr 2020 20:16 WIB ·

Empat Pasien Positif Covid 19 dan Satu PDP di Situbondo Dinyatakan Sembuh 


					Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo  Bakar Abdi. (foto:fat) Perbesar

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo Bakar Abdi. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak empat orang positif terpapar virus corona atau covid 19 dinyatakan sembuh secara medis, sedangkan satu pasien dalam pengawasan (PDP),  yang sedang menjalani di rumah sakit rujukan juga dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Namun, hingga kini, per Sabtu (4/4/2020) jumlah orang dalam pengawasan (ODP) bertambah 13  orang, sehingga jumlah total ODP di Kabupaten Situbondo tercatat sebanyak, mereka tersebar pada 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi mengatakan, sebanyak empat  orang pasien positif covid 19 yang dirawat di rumah rujukan RSU dr Soebandi  Jember dan RSU dr Koesnadi Jember, mereka dinyatakan sembuh secara medis oleh tim medis pada rumah sakit rujukan tersebut.

“Namun, karena hingga kini hasil laboratorium empat pasien yang dinyatakan sembuh secara medis itu  belum turun dari Balitbang Jakarta, sehingga bupati memerintahkan kepada  empat pasien tersebut untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,”ujar Abu Bakar Abdi, Sabtu (4/4/2020).

Abu Bakar menambahkan, satu orang PDP dinyatakan sembuh total, sedangkan sebanyak empat orang warga Kabupaten  Situbondo yang dinyatakan PDP, mereka masih menjalani rawat inap pada dua rumah sakit rujukan, yakni dirawat di RSU dr Koesnadi Bondowoso, serta dirawat di RSU dr Soebandi Jember.”Namun, jumlah ODP justru bertambah di Situbondo justru bertambah, sehingga jumlah total ODP sebanyak 184 orang di Kabupaten Situbondo,”bebernya.

Lebih jauh Abu Bakar menegaskan, bertambahnya jumlah ODP di Kabupaten Situbondo itu, akibat banyaknya warga Situbondo yang baru pulang mudik dari Surabaya dan Jakarta, sehingga dengan banyaknya arus mudik dari sejumlah daerah di Indonesia, jumlah ODP terus bertambah di Kabupaten Situbondo.

“Oleh karena itu, untuk memutus rantai covid 19 di Kabupaten Situbondo, saya kepada warga Situbondo agar tidak panik, jaga stamina dengan cara  berolahraga, namun jika terasa kurang sehat segera memeriksa diri ke puskesmas terdekat,”pinta Abu Bakar.

Abu Bakar menambahkan, selain itu, untuk memutus rantai penyebaran covid 19 di Kabupaten Situbondo, sesuai dengan intruksi Bupati Situbondo, pihaknya juga meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Situbondo, untuk melakukan isolasi terbatas, serta menghidupkan siskamling di daerahnya masing-masing.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dinkes Kota Binjai Kejar Target Pelayanan UHC

20 Juli 2024 - 01:58 WIB

Mantan Kabid Prasarana Distan Kabulaten Merangin Jadi Tersangka Korupsi Bansos

19 Juli 2024 - 16:08 WIB

Tiga Desa di Tanjab Barat Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

19 Juli 2024 - 15:43 WIB

Buntut Ikut Temui Presiden Israel, Bupati Kudus Pecat Staf Khususnya

18 Juli 2024 - 14:28 WIB

Polres Sarolangun Musnahkan 2 Kilogram Narkotika Jenis Sabu

18 Juli 2024 - 14:04 WIB

4 ASN Terafiliasi Jaringan Teroris, Kesbangpol Tanjabbar Minta Masyarakat Segera Lapor Bila Temukan Aliran Tak Wajar

18 Juli 2024 - 13:45 WIB

Trending di Daerah