Menu

Mode Gelap

Jelajah · 22 Mei 2017 16:49 WIB ·

Fashion Manten Tengger Ingatkan Kecintaan Budaya Lokal


					Salah satu peserta fashion manten Tengger,di halaman Kantor Kecamatan Sukapura,Senin(22/5) Perbesar

Salah satu peserta fashion manten Tengger,di halaman Kantor Kecamatan Sukapura,Senin(22/5)

Probolinggo, reportasenews.com – Perkembangan tehnologi informasi yang begitu cepat mempengaruhi prilaku dan budaya lokal. Dampaknya banyak masyarakat lebih memilih cara hidup modern. Termasuk budaya berpakaian lokal yang mulai ditinggalkan salah satunya pakaian khas Maten Tengger yang ada di Kecamatan Sukapura,Kabupaten Probolinggo.

Melihat menurunnya kecintaan terhadap pakai khas Manten Tengger yang biasa digunakan suku Tengger di Bromo. Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (DP2KB) mengekplorasi kasanah budaya pakaian Maten Tengger sebagai icon andalan Kabupaten Probolinggo.

” Ada fakta bahwa masyarakat mulai meninggalkan budaya lokal karena pengaruh era global yang begitu kuat.Padahal budaya lokal menarik dan memiliki nilai seni dan ekonomi. Ditengah prefektif hidup modern kita ingin mengembalikan nilai budaya dan peran peran perempuan adat,” kata Kepala DP2KB Kabupaten Probolinggo dr.Anang Yulianto,Senin(22/5).

Pakaian khas Maten Tengger kembali diangkat sebagai icon  Kabupaten Probolinggo. Model dan bahan pakain ini tidak jauh beda dari baju khas jawa. Warna khas kebaya manten tengger kaya akan motif.

” Untuk membangun kembali kecintaan pakaian khas maten tengger kita sengaja menggelar fashion melibatkan perempuan warga Tengger bekerjsama dengan Kominfo,Camat Sukapura dan tokoh Adat Tengger di Bromo,” ungkap Anang Yulianto.

Tokoh adat Tengger Supoyo SH membenarkan masyarakat saat ini sudah meninggalkan pakai adat lokal termasuk pakai manten Tengger.

“Kegiatan ini sangat baik untuk mengingatkan orang muda untuk mengenal dan mencintai pakain  lokal khususnya khas Tengger. Ini penting untuk menghormati budaya leluhur kami yang menimpan pesan moral,” katanya saat menghadiri fashion manten Tengger,di halaman Kantor Kecamatan Sukapura,Senin(22/5).( mrh/ric)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hindari Tabrakan, Truck Box Terguling di Jalur Pantura Situbondo

12 Juni 2024 - 21:13 WIB

18 Ruko di Pasar Sambas Terbakar Hebat

12 Juni 2024 - 20:43 WIB

Tak Bayar Uang Sewa 6 Unit Mobil Rental Rp133 juta, Kades Bungatan Situbondo Dipolisikan

12 Juni 2024 - 19:48 WIB

Banting Setir Bakul Wedus Idul Adha, Dulu Wartawan Media Online di Madiun

12 Juni 2024 - 19:44 WIB

Bandar Narkoba Diciduk di Penginapan Mekar Sari

12 Juni 2024 - 18:48 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Penyelundupan Sisik Trenggiling

12 Juni 2024 - 18:41 WIB

Trending di Daerah