Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 20 Mar 2017 19:16 WIB ·

Gandum Indonesia Lebih Bagus Dibanding India


					Areal Tanaman Gandum di Tosari. (foto: abd) Perbesar

Areal Tanaman Gandum di Tosari. (foto: abd)

Pasuruan, reportasenews.com – Isu yang menyebutkan gandum tidak bisa tumbuh di Indonesia, justru dibantah oleh Balai Pembenihan Pertanian Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang berada di Kecamatan Tosari. Bahkan, gandum yang dihasilkan di lereng Gunung Bromo itu, kualitas dam kuantitasnya, jauh lebih bagus dibanding negara penghasil gandum, yakni India.

Pernyataan itu  disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ikhwan, kepada reportasenews.com, Senin (20/3) siang. “Opini itu sudah terbantahkan. Bahkan gandum yang ditanam di Indonesia, bisa lebih baik dibandingkan India yang dikenal sebagai negara penghasil gandum. Di Indonesia, untuk 1 hektar (ha) lahan hanya bisa menghasilkan dua ton. Tapi di Tosari bisa mencapai 3,5 ton, ”papar Ikhwan.

Dikatakannya, syarat tumbuhnya gandum membutuhkan suhu dan kelembaban tertentu. Terutama yang paling tepat berada di kawasan pegunungan yang memiliki ketinggian tertentu dan sesuai dengan syarat tumbuhnya gandum.

Atas dasar syarat itulah, Pemerintah (Pemkab) Pasuruan mulai mengembangkan gandum pada 2006 lalu di Balai Penelitian Dinas Pertanian di Kecamatan Tosari yang masuk dalam kawasan Pegunungan Bromo.

Dengan luasan lahan sekitar lima hektar, gandum ditanam bergantian dengan kentang. “Balai penelitian milik kami, tujuannya untuk meneliti dan mengembangkan kualitas kentang yang bagus. Untuk menghasilkan kentang bagus yang tidak terserang hama, dalam satu tahun tidak boleh ditanami kentang terus dan diputuskan mencoba tanam gandum. Ternyata hasilnya luar biasa, “jelas Ikhwan.

Dari hasil penelitian itu, warga Tosari mencoba menanam gandum pada tahun 2007-2008, dengan luasan sekitar 120 ha dan berhasil. Bahkan sempat mendapat apresiasi dari ilmuwan pakar pertanian India, Hanz Vinaf. Dari penelitian itu, pemerintah tengah mewujudkan program ketahanan pangan dan melakukan diversifikasi pertanian, berencana mengembangkan tanaman gandum di Papua.

Namun, benih untuk bibit gandum, diharapkan bisa disuplay dari Balai Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan. “Pertimbangan pemerintah pusat, mungkin di Papua lahannya sangat luas dan memungkinkan ditanam gandum dalam skala besar. Tapi untuk pemenuhan benihnya, tetap dari balai penelitian kami, “pungkas Ikhwan. (abd)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Trending di Daerah