Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 1 Feb 2024 12:14 WIB ·

Gelar Pengamanan Pemilu 2024, Pangdam XII/Tanjungpura Pimpin Apel Kesiapsiagaan


					Gelar Pengamanan Pemilu 2024, Pangdam XII/Tanjungpura Pimpin Apel Kesiapsiagaan Perbesar

Kesiapsiagaan TNI menjelang pelaksananan pemilu 2024 dengan menyiagakan personel sebanyak 9.111 orang terbagi untuk wilayah Kalbar dan Kalteng. (foto Pendam XII/Tanjungpura).

 

Kubu Raya,reportasenews.com – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, , memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilu tahun 2024. Bertempat di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr. Apel gelar pasukan ini adalah dalam rangka memastikan kesiapsiagaan TNI untuk pengamanan Pemilu 2024, Kamis (1/2/2024).

Apel dihadiri Forkopimda Provinsi Kalbar, para PJU Kodam XII/Tpr, Lantamal XII/Pontianak dan Lanud Supadio. Diikuti para Prajurit dari ketiga matra. Apel ini juga digelar serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia, dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dari Silang Monas, Jakarta.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan saat memberikan keterangan kepada awak media menyampaikan, kesiapan TNI di wilayah Kodam XII/Tpr untuk mengamankan seluruh rangkaian Pemilu 2024 sampai dengan saat ini sudah maksimal.

“Kesiapan kita sudah maksimal karena apel seperti ini bukan pertama kali termasuk juga telah dilaksanakan deklarasi Pemilu Damai. Ini agar Pemilu berjalan aman, lancar dan terkendali,” katanya.

Mayjen Iwan Setiawan juga menyampaikan, sesuai dengan permintaan KPU dan Pemerintah Daerah, untuk pengamanan Pemilu, Kodam XII/Tpr telah menyiapkan personel sebanyak 9.111 orang terbagi untuk wilayah Kalbar dan Kalteng.

“Ada personel yang BKO Polri, ada pasukan cadangan dan siaga yang siap digerakkan untuk mensukseskan pesta demokrasi. Seluruh anggota, perlengkapan, kendaraan, alat komunikasi hari ini kita gelar disini. Ini sebagian kecil. Tetapi di Kodim-Kodim bersama dengan Polres juga melaksanakan apel gelar seperti ini,” katanya juga.

Pangdam mengatakan, TNI akan mengamankan seluruh tahapan Pemilu termasuk juga membantu mendistribusikan logistik Pemilu ke tempat-tempat yang sulit dan terpencil. TNI akan mengerahkan personel dan Alutsista yang dimiliki agar logistik Pemilu sampai tepat waktu.

“Kita memiliki wilayah sungai yang begitu banyak dan panjang yang butuh sentuhan transportasi dari TNI-Polri. Kita sudah siapkan Sea Rider dan LCR untuk wilayah yang sulit. Kita akan suport dan bantu agar semua tahapan pesta demokrasi bisa berjalan lancar aman dan terkendali,” tutupnya. (tim)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Atraksi Tatung Perayaan Cap Go Meh 2575 di Sungai Kakap

24 Februari 2024 - 16:20 WIB

Kapolres Situbondo Pimpin Penggerebekan Judi di Eks Lokalisasi GS

24 Februari 2024 - 06:53 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Trending di Daerah