Menu

Mode Gelap

Internasional · 13 Mar 2020 16:08 WIB ·

Gelombang C-pop Bisa Menggulung K-pop


					S.I.N.G, salah satu girl band asal China. (foto.Ist) Perbesar

S.I.N.G, salah satu girl band asal China. (foto.Ist)

Jakarta, Reportasenews.com – Reality show TV X Factor-esque di China sedang mencari kandidat untuk membentuk grup  girl band baru. Dari 101 kontestan, hampir seluruhnya berusia antara 18 dan 22 tahun, hanya akan dipilih sebelas grup band.

Rocked Gilrl adalah salah satu grup beranggotakan sebelas orang yang mengikuti seleksi dalam kontes tersebut. Walaupun banyak gadis-gadis muda di Cina dengan aspirasi selebritas, namun jalan menuju ketenaran di negeri yang tengan dilanda virus corona ini tidaklah mudah.

Bahkan untuk dapat mengikuti Reality show ini  kandidat harus membuktikan diri mereka luar biasa. Bahkan tak sedikit dari mereka sudah dilatih di akademi elit seperti Banana Entertainment, yang memilih pria dan wanita muda dari seluruh Cina melalui pelatihan keras untuk bisa menjadi bintang.

bandicam 2020-03-13 16-05-45-994

Banana Entertainment yang berbasis di Beijing telah menjalankan program pop idol selama setahun, bernama TRAINEE18, sejak Februari 2017. Delapan belas anak laki-laki dan perempuan dari seluruh negeri dipilih untuk menjadi bagian dari program ini setiap tahun.

Pelatihan di akademi, yang mengajarkan musik, tari, hubungan masyarakat, tata rias, ritme, dan kebugaran ini selain ditangani oleh instruktur profesional dari China, juga didatangkan dari Amerika dan Korea Selatan yang sudah memiliki industri pelatihan popstar yang mapan.

Siswa disisni berlatih setidaknya selama 12 jam sehari, mengikuti ujian setiap bulan dan menghasilkan video bulanan yang menunjukkan apa yang telah mereka pelajari.

Siswa yang mendapat nilai terendah selama dua bulan berturut-turut akan dikeluarkan dari akademi, seperti dalam kontes reality TV. Xu Ningna, direktur Banana Entertainment, mengatakan siswa juga melakukan diet yang melelahkan, dan akan kena sanksi bila nberat badan bertambah.

“Instruktur kebugaran akan mencatat berat badan dan konten lemak peserta pelatihan, dengan fokus pada lemak tubuh. Jika seseorang menambah berat badan, umumnya tidak baik untuk kamera, berdandan, dan tubuh secara umum.” Jelas Xu Ningna.

Obsesi Banana Entertainment terhadap diet dan olahraga menunjukkan standar kecantikan yang absurd di negara ini untuk wanita. Tubuh langsing menjadi standar kecantikan yang diinginkan banyak wanita di seluruh negeri.

Industri popstar Cina sangat dipengaruhi oleh Korea Selatan, yang industri K-pop nya sangat dikagumi di Cina. Keseriusan Cina dalam memunculkan grup band baru bisa jadi akan menyaingi K-pop. Dari sisi industri, C-pop bisa jadi akan menggerus bahkan menggulung pasar K-pop. (dik/berbagai sumber)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Lisa BLACKPINK Postif Covid-19

24 November 2021 - 18:56 WIB

Catat Rekor Tertinggi, Rusia Laporkan 1.247 Kematian Covid-19 Dalam Sehari

17 November 2021 - 19:00 WIB

Jambore Forwan 2021, Dari Ajang Silaturahmi, Konsolidasi, Sampai Berbagi Ilmu

14 November 2021 - 10:29 WIB

Ratusan Kru dan Pembalap World Superbike Mandalika Mulai Berdatangan

9 November 2021 - 14:00 WIB

Tiba di Abu Dhabi UEA, Presiden Jokowi Akan Bertemu dengan Putra Mahkota dan Sejumlah Pengusaha

3 November 2021 - 11:05 WIB

Hadiri KTT COP26, Jokowi Bertemu PM Inggris Bahas Peningkatan Kerjasama Ekonomi

2 November 2021 - 11:43 WIB

Trending di Internasional