Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 30 Mar 2024 00:35 WIB ·

Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Erupsi, Sumburkan Abu Vulkanik 500 Meter


					Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Erupsi, Sumburkan Abu Vulkanik 500 Meter Perbesar

Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT mengalami erupsi pada Jumat (29/3) malam. Erupsi disertai sumburan abu vulkanik dengan tinggi kolom abu 500 meter di atas puncak. (Foto PPGA Lewotobi Laki-laki).

 

Kupang, Reportasenews.com – 
Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, NTT, Jumat (29/3) malam mengalami erupsi. Pada erupsi yang terjadi pukul 20.07 Wita, Gunung Lewotobi Laki-laki menyumburkan abu vulkanik setinggi 500 meter diatas puncak.

“Telah terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 29 Maret 2024 pukul 20:07 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 2.084 m di atas permukaan laut),” mengutip laporan tertulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  melalui Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Lewotobi Laki-laki yang dikeluarkan Jumat (29/3) pukul 20.19 Wita.

Dalam laporan tertulis yang dikeluarkan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Lewotobi Laki-laki, saat terjadi erupsi teramati kolom abu berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan condong ke arah selatan dan barat daya.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah selatan dan barat daya,” tulis PPGA dari Desa Pulolera, Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur.

Disampaikan PPGA Lewotobi Laki-laki, erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7.4 milimeter dengan durasi sekitar 6 menit 12 detik.

Gunung Lewotobi Laki-laki dengan ketinggian 1584 meter diatas pernukaan laut (MDPL)  terletak di Desa Nurabelen Kecamatan Ilebura, Flores Timur saat ini berstatus waspada atau level II.

Pada status waspada atau level II, masyarakat dilarang untuk tidak  beraktivitas dalam radius dua  kilometer dari pusat erupsi. Sedangkan untuk sektoral sejauh tiga kilometer pada arah Utara-Timur Laut dan lima kilometer pada sektor Timur Laut.

“Masyarakat di sekitar G. Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 KM dari pusat erupsi G. Lewotobi Laki-laki serta sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 KM pada sektor Timur Laut,” PPGA sebut PPGA Lewotobi.

Peringatan lain yang disampaikan dalam laporan, PPGA mengisyaratkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir lahar di sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki.

Petugas PPGA Lewotobi Laki-lakijuga meminta agar masyarakat yang bermukim di beberapa desa yang berdekatan dan pusat erupsi juga untuk melaporkan jika terjadi hujan abu akibat erupsi tersebut.

Gunung Lewotobi Laki-laki pada awal Januari 2024 mengalami erupsi sehingga memaksa lebih dari enam ribu warga di tujuh desa mengungsi.

Status Gunung Lewotobi Laki-laki sempat dinaikan oleh PVMBG hingga level IV atau berstatus awas pada 9 Januari 2024 lalu akibat aktivitas gunung yang terus meningkat. (eba)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Menpan RB: Rekrutmen CPNS dan PPPK Harus Rampung Tahun 2024

22 April 2024 - 20:38 WIB

Pasangan Anak Punk yang Mesum di Alun-alun Kota Situbondo Diamankan Satpol PP

22 April 2024 - 20:33 WIB

Gelapkan Sepeda Motor Polisi, Dua Tersangka Dijebloskan ke Penjara

22 April 2024 - 19:26 WIB

Penyakit DBD Mewabah, Rumah Sakit di Situbondo Dipenuhi Pasien

22 April 2024 - 18:46 WIB

Aksi Perampokan di Jalan Niaso Muaro Jambi Viral di Medsos

22 April 2024 - 17:30 WIB

Pemkab Sarolangun Sebut Berhasil Turunkan Angka Pengangguran 

22 April 2024 - 17:03 WIB

Trending di Daerah