Menu

Mode Gelap

Internasional · 15 Nov 2016 13:33 WIB ·

Hijab Masuk dalam Daftar “Emoji” Terbaru


					Emoji penutup kepala dan hijab yang diusulkan Rayouf Alhumedhi, seorang remaja wanita dari Arab Saudi. (Unicode.org) Perbesar

Emoji penutup kepala dan hijab yang diusulkan Rayouf Alhumedhi, seorang remaja wanita dari Arab Saudi. (Unicode.org)

AMERIKA SERIKAT, REPORTASE – Pada kongresnya yang ke-149, Kamis pekan lalu (10/11), Konsorsium Unicode dunia menyepakati 56 emoji baru, yang akan menyemarakkan dunia emoji yang sudah penuh warna.  Termasuk, emoji wanita berhijab dan pria berpenutup kepala.

Emoji hijab dan penutup kepala ini diusulkan oleh seorang remaja wanita Arab Saudi berusia 15 tahun, Rayouf Alhumedhi.

Dalam pernyataan di situs resminya, Konsorsium Unicode mengatakan, “Banyak wanita Muslim yang bangga memakai hijab, namun tak satu pun tombol di papan ketik yang bisa mewakili mereka.”

“Hijab bukan sekadar kain penutup kepala,” kata mereka menambahkan.  “Itu juga memengaruhi gaya bicara, tindakan, dan yang terpenting, gaya hidup.”

Selain, menambahkan hijab, Konsorsium Unicode juga menyepakati beberapa emoji baru , misalnya ibu menyusui, posisi yoga, orang memanjat tebing, dan piring terbang.

Ke-56 emoji baru itu disertakan dalam Unicode v10 dan bisa digunakan dalam berbagai aplikasi korespondensi, termasuk Facebook, surat elektronik, Twitter, dan lain-lain.

Rencananya, emoji ini akan dilepas tahun 2017. Namun, belum dipastikan, emoji baru ini akan bisa langsung digunakan dalam perangkat telepon pintar Anda, karena mungkin Anda perlu memperbarui sistem agar bisa menggunakannya.

Sekadar informasi, banyak orang mengira, istilah “emoji” berkaitan dengan kata “emosi”. Sebenarnya, “emoji” berasal dari istilah Jepang yang berarti aksara gambar, alias piktograf. Secara harfiah, “emoji” berasal dari “e”, yang dalam bahasa Jepang berarti “gambar”, dan “moji”, yang berarti “aksara”. (Elias Widhi/ dari berbagai sumber)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Warga Usir Truck Tangki Bermuatan Limbah

12 Juli 2024 - 17:11 WIB

Andri Tedjadharma : Bukan Centris Pengemplang BLBI tapi Bank Indonesia Mengemplang Centris !!!

11 Juli 2024 - 20:48 WIB

Gerebek Rumah Warga, Tim Opsnal Polres Situbondo Amankan 348 Botol Miras

11 Juli 2024 - 20:47 WIB

Mangkal Disiang Bolong, 2 PSK Terjaring Razia Satpol PP

11 Juli 2024 - 18:41 WIB

Wagub Jambi Lepas Dua Paskibraka Nasional pada HUT RI ke-79 di IKN

11 Juli 2024 - 14:14 WIB

Trending di Daerah