Menu

Mode Gelap

Nasional · 14 Nov 2016 20:02 WIB ·

Hujan Es Lukai dan Rusak Rumah Warga


					Rumah warga harjur diterjang puting beliung Perbesar

Rumah warga harjur diterjang puting beliung

BLITAR, REPORTASE – Hujan es disertai angin puting beliung, melanda  tiga kecamatan di Kabupaten Blitar, Jawatimur, Senin sore (14/11). Ketiga Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Nglegok, Srengat dan Talun.

Hempasan angin  kencang ini, menyebabkan puluhan rumah warga rusak parah tertimpa pohon tumbang. Dari pantauan ReportaseNews di lapangan, Kelurahan Nglegok, merupakan wilayah terparah, meski angin mernerjang sekitar dua menit.

“sebelum angin puting beliung, hujan butiran es sebesar ujung jari turun hinggga menimbulkan suara berisik, kemudian angin puting beliung menerjang rumah dan pohon di wilayah ini,” ujar Hafid (32), warga setempat, kepada wartawan di lokasi kejadian.

Selain rumah, sebuah Ponpes Syeh Subakir, di Kelurahan Nglegok juga terkena dampaknya. Tembok pembatas setinggi sekitar dua meter dan sepanjang sepuluh meter roboh, sementara hunian santri putra juga mengalami kerusakan bagian atapnya.

Menurut petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD angin puting beliung ini juga menyebakan pasutri di Kecamatan Srengat mengalami luka luka akibat tertimpa reruntuhan rumah. Keduanya, atas nama Mujito (66) dan istrinya Paesah (56) warga Desa Bagelenan.

“Kedua korban tak sempat menyelamatkan diri, dan tertimpa reruntuhan di bagian kepala, dan telah dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan,”ujar Ganef Rahmawan, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Blitar, yang dikonfirmasi di tempat terpisah.

Hingga Senin petang, pihak BPBD masih berada di sejumlah lokasi dampak puting beliung untuk melakukan pendataan serta mengiventarisir jumlah kerusakan rumah, maupun bangunan lainya.

“Petugas kami masih di lapangan, untuk membantu masyarakat yang terkena musibah angin puting beliung ini,”pungkas Ganef. (YB)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah