Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 21 Mei 2018 15:32 WIB ·

Hutan Baluran Situbondo, Titik Pantau Latihan Tempur T 12 Nyaris Terbakar


					Petugas berusaha memadamkan api yang mebakar Hutan di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur,Minggu (20/5). (foto:fat) Perbesar

Petugas berusaha memadamkan api yang mebakar Hutan di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur,Minggu (20/5). (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Hutan di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, Minggu (20/5) malam terbakar. Dugaan sementara, ada pihak yang sengaja membakar dalam kebakaran hutan tersebut.

Bahkan, kebakaran hutan tersebut  nyaris menghanguskan tempat pemantauan latihan tempur (Latpur) di titik Tinjau-12 (T-12) milik TNI AL, di Hutan Baluran Situbondo.

Kepala Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan pada Taman Nasional Baluran Situbondo, Sopan Arief Suprihandoko mengatakan,  berkat kesigapan petugas gabungan TNI, Polri, Perhutani, petugas dari Taman Nasional Baluran, Pemadam Kebakaran (Damkar) serta relawan masyarakat peduli api (MPA), kobaran api berhasil dipadamkan.

“Bahkan, hingga pada   tengah malam, petugas gabungan  masih  memadamkan kobaran api di titik 12,”ujar Sopan Arief Suprihandoko, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (21/5) malam.

Menurutnya, dugaan sementara,  kebakaran Hutan Baluran sektor T-12 Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo  itu, sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Dari penjelasan warga yang pertamakali melihat kebakaran itu, ada unsur kesengajan dibakar, namun kami belum bisa memastikan siapa yang membakar dan bisa jadi orang gila yang membakarnya,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil  Sopan menambahkan, untuk luas  hutan yang terbakar pada Minggu (20/5) malam,   pihaknya belum dapat memastikan luas hutan yang terbakar, karena pihaknya masih fokus untuk memadamkan kobaran api.

Diperoleh  keterangan, kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, terjadi sejak pukul 20.00 WIB, dan hingga pukul 22.00 WIB,  petugas gabungan  masih di lokasi untuk memadamkan kobaran  api yang membakar  hutan di kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Liburan Lebaran, Polres Situbondo Siagakan Kapal Patroli di Wisata Pantai

13 April 2024 - 14:10 WIB

Nelayan Hamili Anak Kandung Dilaporkan ke Polisi

12 April 2024 - 21:05 WIB

Dua Rumah Milik Bapak dan Anak di Situbondo Ludes Terbakar

12 April 2024 - 19:09 WIB

Kapal Klotok Tenggelam di Sungai Kapuas,  Enam Penumpang Selamat

12 April 2024 - 13:19 WIB

Roda Depan Bermasalah, Bus Masuk Saluran Irigasi di Jalur Pantura Situbondo

11 April 2024 - 17:45 WIB

Suasana Sholat Idulfitri di Lapangan Merdeka Terbaru

11 April 2024 - 16:34 WIB

Trending di Daerah