Menu

Mode Gelap

Entrepreneur · 24 Apr 2020 14:08 WIB ·

Ilham Wirajaya Kembangkan IW Corp di Tengah Pandemi COVID-19


					Ilham Wirajaya , owner IW Corp di kantornya. (Ist) Perbesar

Ilham Wirajaya , owner IW Corp di kantornya. (Ist)

Madiun, reportasenews.com – Belajar keras dan bekerja cerdas. Itulah prinsip yang mengantar Ilham Wirajaya sukses meniti bisnis. Betapa tidak, di usia yang terbilang masih relatif muda, pria asal Madiun, Jawa Timur, ini sudah berhasil mendirikan perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang manajemen media sosial dan properti.

Bagaimana kisah sukses pria yang karib disapa Ilham ini mendirikan perusahaannya? Ternyata, langkah awal Ilham membangun perusahaan bemula dari Kapal Pesiar Oceania di Amerika Serikat. Di kapal mewah ini, dia bekerja sebagai chef selama 5 tahun. Kurun waktu inilah dia manfaatkan untuk mengumpulkan uang yang kelak menjadi modal awal membuka usaha sendiri.

Kerja keras saja tentunya tidak cukup untuk meraih sukses. Dibutuhkan ilmu pengetahuan untuk mendukung kerja keras. Itu pula yang menjadi pegangannya. Ilham rajin membaca buku-buku tentang manajemen perusahaan hingga perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Kata orang bijak, “Buku adalah jendela dunia.” Benar saja, setelah membaca banyak buku, wawasan dan pengetahuannya terus bertambah. Hingga akhirnya dia menemukan peluang bisnis berbasis teknologi digital.

Ilham pun mendirikan Indo Wirajaya Corp (IW Corp), yakni perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan manejemem media sosial berbasis Google, Facebook, Instagram hingga jasa pembuatan laman atau website perusahaan.

Karyawan IW Corp. (Ist)

Karyawan IW Corp. (Ist)

“Awalnya, saya masih kerja sebagai chef di kapal pesiar di Amerika Serikat tepatnya sebagai cheef, dan berkeingin. Sejak itulah muncul keinginan memiliki usaha sendiri dan memajukan para pemuda yang punya kreativitas yang luar biasa,” kata Ilham saat dibincangi reportasenews.com di kantornya, belum lama ini.

Sebelum mendirikan IW Corp, Ilham lebih dulu membuat aplikasi promo. Dia mengerjakan aplikasi promo itu untuk perusahaan penyalur jasa tenaga kerja ke luar negeri. Perusahaan inilah yang menjadi klien pertamanya. Lewat aplikasi ini dia berhasil meraup omset hingga puluhan juta per hari.

Di bawah IW Corp sebagai induk perusahaan, Ilham kini memiliki banyak bidang usaha start-up. Unit bisnis yang dia kembangkan terdiri dari dari penyalur aplikasi serta perangkat mesin kasir, laundry, konveksi, jasa desain, penyedia mesin pompa Pom Mini, properti serta digital marketing managemen.

Belum genap satu tahun sejak berdiri, Ilham sudah mempekerjakan 40 karyawan untuk menjalankan operasional perusahaannya. Jumlah karyawan itu, tentunya akan terus bertambah seiring dengan perkembangan perusahaannya.

“Indo Wirajaya Corp berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT) dan akan dikembangkan ke seluruh Indonesia. Sampai saat ini saya pegang 50 perusahaan sampai badan usaha besar dalam pengelolaan promo melalui digital management,” kata suami dari Syahda Mitha ini.

Ayah satu anak bernama Marseille ini mengaku sangat menghargai karyawannya. Di kantornya yang berada di Jalan Letkol Suwarno No. 12, Kota Madiun, Jawa Timur, Ilham biasa terlihat berdiskusi dengan para karyawan layaknya seperti teman kerja.

Menariknya, di tengah pandemi COVID-19 saat ini, banyak perusahaan collaps dan melakukan PHK karyawan sebara besar-besaran. Namun, kondisi berbeda dialami IW Corp. Iwan akan menambah karyawan yang berjiwa start-up untuk pengembangan bisnis milenial beromset ratusan juta rupiah. (*/Sir)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Di Tengah Pandemi, Aming Coffee Lebarkan Sayap Buka Cabang ke-16 di Siantan

3 Maret 2021 - 20:26 WIB

Kolaborasi Dengan Rowman Ungu, Tiga Band Sukses Rillis Single “Puber”

10 Desember 2019 - 20:26 WIB

Sukses  Jadi Penyanyi Profesional, Rin Situmorang Anggap Ini Sebagai Anugerah

2 Desember 2019 - 16:30 WIB

JazzyPark 2019 Menghadirkan Jazzer Papan Atas

6 November 2019 - 23:18 WIB

Gelaran Komunitas Otomotif Hadir di TM Thamrin City

27 April 2018 - 19:44 WIB

AJO Indonesia Mengubah Paradigma dan Pola Pikir Jurnalis Konvensional ke Dunia Digital

16 April 2018 - 10:12 WIB

Trending di Daerah