Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Lingkungan · 24 Nov 2016 05:32 WIB ·

Ilmuwan Tak Sengaja Temukan Proses Ubah CO2 Ke Etanol


					Kini Ethanol bisa dibuat dari menangkap CO2 Perbesar

Kini Ethanol bisa dibuat dari menangkap CO2

REPORTASE: Para ilmuwan di Oak Ridge National Laboratory di Tennessee telah menemukan reaksi kimia untuk mengubah CO2 menjadi etanol, penemuan tak sengaja ini berpotensi menciptakan teknologi baru untuk membantu mencegah perubahan iklim. Temuan mereka diterbitkan dalam jurnal Chemistry Select. Proses ini diklaim murah, efisien, dan terukur, berarti itu bisa segera digunakan untuk menghilangkan sejumlah besar CO2 dari atmosfer. Demikian disebut oleh Popular Mechanics

Para peneliti sedang berusaha untuk menemukan serangkaian reaksi kimia yang bisa mengubah CO2 menjadi bahan bakar yang berguna, ketika mereka menyadari langkah pertama dalam proses mereka suksesl melakukan itu semua dengan sendirinya. Reaksi yang dihasilkan ternyata CO2 menjadi etanol, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk pembangkit listrik dan kendaraan.

Teknologi ini melibatkan kombinasi baru dari tembaga dan karbon disusun menjadi “nano spikes” pada permukaan silikon. Nano teknologi memungkinkan reaksi menjadi sangat tepat, dengan sangat sedikit kontaminasi.

“Dengan menggunakan bahan yang umum, diatur sedemikian rupa dengan nanoteknologi, kita tahu bagaimana untuk membatasi reaksi efek sampingnya, dan berakhir dengan satu hal yang memang kita inginkan,” kata penelitinya Adam Rondinone.

Proses ini memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan metode lain untuk mengubah CO2 menjadi bahan bakar. Reaksi ini menggunakan bahan umum seperti tembaga dan karbon, dan mengubah CO2 menjadi etanol, yang sudah banyak digunakan sebagai bahan bakar.

Fakta yang paling penting, pengolahan ini dapat bekerja pada suhu kamar normal, yang berarti bahwa hal itu dapat dimulai dan berhenti dengan mudah dan dengan biaya olah energi yang sangat murah. Ini berarti bahwa proses konversi ini dapat digunakan sebagai penyimpanan energi sementara selama proses berjalan.

“Proses seperti ini akan memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi listrik tambahan saat pembuatan, dan menyimpannya dalam bentuk etanol,” kata Rondinone. “Ini bisa membantu untuk menyeimbangkan kotak penyimpanan yang disediakan oleh sumber terbarukan.secara selang seling”

Para peneliti berencana untuk lebih mempelajari proses ini dan mencoba dan membuatnya lebih efisien. Jika mereka berhasil, kita besok bisa melihat skala besar menangkap karbon diudara menggunakan teknik ini dalam waktu dekat (HSG/ Popularmechanics)

 

[vc_row][vc_column][vc_video link=”https://youtu.be/t7EYQLOlwDM”][/vc_column][/vc_row]

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Bupati Karna Suswandi, Panen Raya Padi BK 01

23 Februari 2024 - 21:01 WIB

Pemkab Situbondo Segera Cairkan Honor Ribuan Linmas yang Tertunda

23 Februari 2024 - 17:58 WIB

Trending di Daerah