Menu

Mode Gelap

Daerah · 27 Jan 2022 11:48 WIB ·

Indahnya Sunset di Ekowisata Telok Berdiri Kubu Raya


					Pengunjung di ekowisata alam Telok Berdiri sambil menikmati udara yang segar dan sunset (foto Adi Saputro) Perbesar

Pengunjung di ekowisata alam Telok Berdiri sambil menikmati udara yang segar dan sunset (foto Adi Saputro)

Kubu Raya, Kalbar, reportasenews.com – Jalan-jalan tak melulu saat berakhir pekan. Buang penat setelah beraktivitas seharian bisa dilakukan di waktu sore dengan berkunjung ke ekowisata alam Telok Berdiri di Desa Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kalimantan Barat.

Ekowisata alam Telok Berdiri hanya berjarak 27 kilometer dari kota Pontianak, dan merupakan lokasi wisata alam yang paling dekat dengan ibukota provinsi Kalimantan Barat ini.
Bersantai sejenak di kawasan wisata ini tentu menyenangkan.
Suasana yang tenang dan udaranya yang sejuk karena tiupan angin laut yang sepoi-sepoi bikin betah berlama-lama disini.
Sambil memandang lautan luas dan menunggu waktu terbaik yakni sunset atau saat matahari terbenam.
Menuju ke lokasi ekowisata alam hutan mangrove Telok Berdiri sangatlah mudah dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Meski jalannya tidak terlalu lebar, namun kendaraan roda empat masih bisa masuk.
Jalan yang melewati perkampungan nelayan pesisir ini juga setiap pekan merupakan jalur favorit pesepeda MTB di kota Pontianak.
Setibanya di lokasi, pemandangan muara di pesisir sungai Kapuas yang menyatu langsung dengan laut lepas sungguh memanjakan mata memandang.
Pesisir Sungai Kapuas di Tanjung Intan ini ditumbuhi ekosistem hutan Nipah dan bakau sehingga cukup rindang apabila saat udara panas terik dan udara disekitar juga sehat dan menyejukkan.
Pemandangan terbaik yang sering dinanti pengunjung adalah diwaktu senja saat menjelang matahari terbenam. Momen ini biasa diabadikan pengunjung untuk berswafoto.
Fasilitas pendukung di kawasan wisata alam Telok Berdiri adalah toilet, kantin, jembatan kayu, pondok dan lainnya.
Jembatan kayu yang memanjang menuju ke pendopo paling menjorok ke laut, memanjakan pengunjung untuk menikmati luasnya pemandangan alam sembari menikmati angin sepoi-sepoi.
Keindahan lain di ekowisata alam Teluk Berdiri ini adalah adanya menara suar dan tower pemantauan lalu lintas pelayaran di Sungai Kapuas yang berdiri kokoh dan tinggi menjulang.
Jika ada penjaganya dan beruntung bisa menaiki setiap anak tangga di menara suar sembari menikmati udara dan pemandangan yang menakjubkan dari puncak menara suar.
“Kesan pertama kali datang ke ekowisata Telok berdiri ini adalah sangat amazing, karena gak nyangka ada ekowisata dan dekat dari kota Pontianak aksesnya juga bagus, dan teman-teman bisa datang kesini dengan mengendarai motor atau mobil,” kata Al, mahasiswi asal Pekan Baru, Riau yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke wisata alam Telok Berdiri.
“Jadi yang saya rasakan datang kesini adalah tenang, anginnya sepoi-sepoi, dan pemandangan nya luar biasa, untuk kalian yang suka sunset ini adalah tempat yang sangat keren,” ujarnya.
Kicau burung di sore hari juga menambah ketenangan saat berada di Ekowisata Telok berdiri sambil menikmati makanan ringan yang dibeli dari kantin-kantin yang juga tersedia di lokasi ini.
“Saya berada di Ekowisata Telok berdiri, saya pertama kali datang kesini, dan disini Pemandangannya sangat indah terutama saat matahari terbenam,”  ungkap Uray Budi Setiawan, pengunjung asal Kubu.
“Masuk disini gratis, dan adanya fasilitas kantin untuk menikmati indahnya alam di ekowisata Telok berdiri, saya dapat informasi wisata ini dari keluarga. Pemandangan nya cocok untuk memanjakan kita, dan menenangkan pikiran kita,” ucapnya.
Saat malam hari, pengunjung bisa menikmati sajian makan malam dari olahan makanan laut yang enak.
Bahan makanan laut bisa dibeli dari hasil tangkapan nelayan pesisir yang bermukim tak jauh dari lokasi. Bahkan nikmatnya sajian makanan malam semakin segar ditemani air kelapa muda yang dingin dengan batu-batu es didalamnya. Jika begini, tentu semakin betah berlama-lama di ekowisata Telok Berdiri, bahkan jika ingin menginap di lokasi juga bisa mendirikan tenda.
Karena saat ini masih pandemi Covid 19 tetap berwisata yang aman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (das)
Komentar
Artikel ini telah dibaca 103 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

DPDR Gelar Paripurna PAW Anggota Fraksi PDIP Sisa Masa Jabatan 2019-2024

27 Mei 2022 - 19:44 WIB

Pastikan Keamanan Perayaan Kenaikan Isa Al Masih, Polres Ngawi Perketat Gereja

26 Mei 2022 - 17:12 WIB

Gairahkan Otomotif Ngawi Lebih Bergengsi, Black Hoe Racing Team Hadir Ditengah Masyarakat

25 Mei 2022 - 16:24 WIB

Lagi Penumpang Bus Mendadak Meninggal, Diduga Karena Serangan Jantung

24 Mei 2022 - 18:14 WIB

Kabareskrim: Kasus Pencurian TBS Kelapa Sawit di Mukomuko Diselesaiakan Secara Restoratif Justice

24 Mei 2022 - 12:44 WIB

Peran Pemasyarakatan Dalam Menciptakan Manusia Kompeten dan Produktif

23 Mei 2022 - 19:44 WIB

Trending di Daerah