Menu

Mode Gelap

Internasional · 27 Jul 2022 14:33 WIB ·

Indonesia – Jepang Sepakat Perkuat Kerjasama Perdagangan, Ivestasi dan Energi


					Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjabat tangan usai konferensi pers bersama di kediaman resmi perdana menteri di Tokyo, Rabu, 27 Juli 2022. (foto:istimewa) Perbesar

Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjabat tangan usai konferensi pers bersama di kediaman resmi perdana menteri di Tokyo, Rabu, 27 Juli 2022. (foto:istimewa)

Jakarta, reportasenews.com – Presiden RI Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Kishida di Tokyo. Dalam pertemuan tersebut kedua kepala pemerintahan sepakat untuk mempererat kerja sama di bidang maritim, investasi, lingkungan, hingga energi.

“Pertama-tama, dalam rangka mengukuhkan perdamaian dan keamanan di kawasan laut yang mengelilingi Indonesia, saya telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Jepang akan mendukung lebih lanjut peningkatan kemampuan maritim, termasuk penelitian yang sedang dilaksanakan untuk kerja sama hibah kapal patroli,” kata Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, dilansir Antaranews.com.

Pemerintah Jepang juga menyambut baik memorandum kerjasama dalam bidang security maritime yang telah ditandatangani.

Kishida menyampaikan, pada Agustus 2022, pasukan bela diri darat Jepang akan berpartisipasi dalam latihan bersama multilateral Garuda Shield yang diselenggarakan di Indonesia.

“Kami mengharapkan kerja sama keamanan kedua negara, termasuk pertukaran dalam bidang pertahanan, akan berkembang lebih lanjut,” kata Kishida.

Selain itu, Indonesia dan Jepang juga sepakat untuk bekerja sama dalam bidang infrastruktur.

“Saya telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Jepang sedang memproses pinjaman yen sebesar kurang lebih 43,6 miliar yen untuk proyek bidang mitigasi bencana dan perampungan PLTA Peusangan,” ungkapnya.

Kishida juga mengatakan dirinya dan Jokowi mendorong kerja sama lebih erat untuk mewujudkan komunitas emisi nol Asia serta kerja sama dalam bidang dekarbonisasi dan energi.

“Kami juga menyambut baik bahwa perusahaan Jepang yang mulai banyak menginvestasi di Indonesia dalam bidang energi, industri otomotif, keamanan pangan, serta pembentukan dan pengembangan start up. Kami mengkonfirmasikan untuk bekerja sama lebih lanjut,” katanya.

Jepang menilai Indonesia sebagai mitra strategis yang berbagi nilai-nilai dasar dan kepentingan strategis.

Kishida dan Jokowi juga berdiskusi mengenai perkembangan terbaru situasi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, kerja sama konkret dalam mewujudkan ASEAN outlook on the Indo-Pacific, hubungan bilateral, serta kerja sama menuju KTT G20. (ant/*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

1.052 WBP Lapas Kelas II A Pontianak dapat Remisi di HUT ke 77 Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 11:20 WIB

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Gubernur Kalbar berlangsung Khidmat

17 Agustus 2022 - 10:39 WIB

Satresnarkoba Polres Ngawi Ringkus Delapan Pengedar Narkoba

17 Agustus 2022 - 09:24 WIB

Gara-gara Kartu PKH, Suami di Belu-NTT Tega Aniaya Istri Hingga Usus Terburai

16 Agustus 2022 - 21:40 WIB

Rayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemprov Kalbar Bagikan  Bendera dan Tanam 77 Jenis Pohon Hutan

16 Agustus 2022 - 18:49 WIB

Polsek Karanganyar Bersama Tim SAR Gelar Patroli Antisipasi Banjir dan Laka Air

16 Agustus 2022 - 16:41 WIB

Trending di Daerah