Menu

Mode Gelap

Hukum · 27 Jul 2023 19:21 WIB ·

INW: Pencopotan Jabatan Kasat Narkoba Polresta Jambi Sebagai Respon Cepat dan Tepat Kapolda Jambi


					INW: Pencopotan Jabatan Kasat Narkoba Polresta Jambi Sebagai Respon Cepat dan Tepat Kapolda Jambi Perbesar

Direktur INW Budi Tanjung. (foto; dok RN).

 

Jakarta, reportasenews.com – Direktur Indonesia Narkotic Wach (INW) Budi Tanjung mengapresiasi langkah tegas dan respon cepat Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang mencopot Kompol Nico Darutama dari jabatannya sebagai kasat narkoba Polresta Jambi.

“Keputusan Kapolda Jambi yang telah mecopot jabatan kasat narkoba Polresta Jambi merupakan langkah cepat yang tepat. Langkah tegas Pak Kapolda ini patut kita apresiasi,” kata Budi Tanjung kepada Reportasenews.com, Kamis (27/7).

INW menilai, kata Budi, peristiwa penggrebekan markas narkoba oleh puluhan emak-emak di Kelurahan Rawasari, Alambarajo Kota Jambi yang sempat viral beberapa hari lalu, telah mencoreng nama baik institusi kepolisian.

Sebab, lanjut Budi, tak bisa dinafikan bahwa tindakan emak-emak tersebut telah memunculkan berbagai penafsiran negatif masyarakat, yang pada akhirnya dapat menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri.

“Saya mendapat informasi beragam dari warga sekitar. Ada yang menyebutkan polisi setempat terkesan membiarkan keberadaan tempat pesta narkoba itu. Ada juga warga yang menyebut bahwa polisi sebetulnya sudah tau sejak lama tapi dibiarkan saja. Jadi, polisi sebagai reprsentasi negara harus cepat hadir merespon setiap adanya tindak kejahatan. Kasat narkoba harusnya peka dan cepat mengambil tindakan sebelum masayarakat main hakim sendiri,” tegas Budi Tanjung.

Menurut Budi Tanjung, pencopotan jabatan kasat narkoba Polresta Jambi tidak cukup sampai disitu saja. Kapolda Jambi juga harus mengusut lebih jauh lagi apakah ada oknum aparat lain yang kemungkinan telah melakukan pembiaran atas keberadaan markas narkoba tersebut.

“Tidak cukup hanya mencopot kasat narkoba, Pak Kapolda Jambi juga harus memastikan apakah ada oknum aparat penegak hukum lain yang melakukan pembiaran bahkan mungkin membekingi keberadaan markas narkoba tersebut,” tutur Budi.

Seperti diketahui, Kapolda Jambi melalui surat telegram nomor: ST/867/VII/KEP./2023, 25 Juli 2023, telah mencopot Kompol  Nico Darutama dari jabatannya sebagai kasat narkoba Polresta Jambi.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengiyakan hal tersebut.

“Ya, ada mutasi jabatan beberapa perwira menengah di jajaran Polda Jambi yang ditandatangani oleh Karo SDM Polda Jambi Kombes Maulana Hamdan,” kata Mulia Prianto, Selasa (26/7).  (bud)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Trending di Daerah