Menu

Mode Gelap

Daerah · 5 Mar 2018 17:09 WIB ·

Jadi Otak Pencurian, Seorang Perangkat Desa dan Komplotannya Diciduk Polisi


					TP seorang Kepala Dusun Desa/Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo Jatim, saat diintrogasi Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad.(foto: dic)

Perbesar

TP seorang Kepala Dusun Desa/Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo Jatim, saat diintrogasi Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad.(foto: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – TP (35) seorang kepala Dusun (kasun) Raap, Desa/Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, ditangkap Satreskrim Polres Probolinggo, karena menjadi otak pencurian hewan berupa dua ekor sapi, bersama komplotannya.

TP bersama tiga orang rekannya, melakukan pencurian dan pemberatan hewan sapi, milik Sahri (50), di Desa Pondo Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten setempat beberapa bulan lalu.

TP yang merupakan DPO ini diringkus, setelah Polisi mengamankan 3 rekan lainnya yang terlibat dalam aksi pencurian itu. Dan yang menjadi otaknya adalah TP sendiri, ia mengajak rekan-rekannya untuk mencuri dua ekor sapi, dengan alasan untuk kebutuhan sehari-hari.

Para pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ini, Polisi mengamankan barang bukti sepeda motor, yang digunakan untuk aksi pencurian tersebut, sedangkan sapi hasil curiannya telah dijual oleh tersangka. Selain TP, 3 tersangka juga diamankan, yang berasal dari Desa yang sama.

“Saya nekat mencuri karena tidak punya uang, dan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena gaji saya sebagai Kasun belum keluar. Iya, saya yang mengajak teman-teman saya untuk mencuri sapi itu, saya mengaku bersalah,”aku TP saat dilakukan press rilis di Mapolres Probolinggo, Senin (5/3).

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad mengungkapkan, tersangka melakukan pencurian dua ekor hewan ternak sapi bersama 3 orang temannya. TP yang merupakan otak dari aksi pencurian dan pemberatan ini, diamankan setelah kami berhasil mengamankan 3 orang komplotannya. Kediannya bebrepa bulan lalu, dan para tersangka ini diamankan di rumah masing-masing.

“Kami lakukan penyelidikan terhadap tersangka (DPO) setelah kami mengamankan tiga orang temannya. Penangkapan ini kami lakukan setelah mendapat laporan dari korban, akhirnya kami melakukan penyelidikan. TP yang merupakan seorang Kasun ini, kami amankan berdasarkan pengakuan dari teman lainnya,”kata Kapolres Fadly.

Untuk mempertanggungkan perbuatannya,komplotan pencurian hewan sapi ini termasuk Kasun TP, dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.(dic)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peragakan 39 Adegan Detik-Detik Pembunuhan mantan Istrinya, Pelaku Merasa Menyesal

18 Mei 2024 - 18:34 WIB

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

Trending di Daerah