Menu

Mode Gelap

Daerah · 4 Feb 2017 09:22 WIB ·

Jalur Wisata Gn.Bromo Lumpuh Tertimbun Tanah Longsor


					Longsoran tanah setinggi 10 meter menutup akses jalan ke tempat wisata Gn. Bromo. Perbesar

Longsoran tanah setinggi 10 meter menutup akses jalan ke tempat wisata Gn. Bromo.

Pasuruan, reportasenews.com –  Akses ke Kawasan Gunung Bromo lumpuh tertutup longsoran tanah setinggi 10 meter dengan lebar 4 meter. Jalur wisata yang lumpuh itu berada dari dari arah Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Tak hanya itu longsoran yang menutup badan jalan di Desa Wonokitri tersebut, tak bisa dilewati kendaraan roda empat. Sementara untuk roda dua yang lewat harus ekstra hati-hati karena harus melalui materialan longsoran tanah yang berlumpur.

“Warga yang bersepeda motor, bisa lewat. Namun untuk kendaraan mobil dan truk tidak bisa lewat, “ujar Sudiono, warga Tosari, Jumat (3/2).

Sementara para wisatawan juga banyak kecewa karena tidak bisa masuk wisata ke lautan pasir Gunung Bromo.

“Ya, banyak wisatawan yang kecewa tapi mau bagaimana lagi, ini merupakan faktor alam. Sebab kondisi alam wilayah tosari merupakan kawasan perbukitan dan jurang yang curam. Karenanya sangat rentan terjadinya longsor, “papar Sutrisno, warga sekitar lokasi.

Longsor terjadi di jalur bagian bawah Pakis Bincil di Desa Wonokitri atau sekitar 500 meter dari lautan pasir. Longsor tersebut terjadi sejak Jumat sekitar pukul 02.00 WIB dan jalur masih belum dilewati hingga saat ini. Namun upaya pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bersama paguyuban jeep-ojek hingga terus lakukan pembersihan material di lokasi agar jalur menuju wisata Gunung Bromo normal kembali.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengungkapkan, bahwa pihaknya bersama otoritas TNBTS setempat dibantu paguyuban jeep-ojek masih berusaha membersihkan tanah yang menutupi lebih badan jalan tersebut. “Meski kondisi longsor cukup parah, namun tak menyurutkan tim untuk melakukan pembersihan material tanah longsor di lokasi, “katanya.

Masyarakat gotong royong membersihkan jalan yang tertutup longsor ke arah Gn. Bromo.

Masyarakat gotong royong membersihkan jalan yang tertutup longsor ke arah Gn. Bromo.

 

Sementara itu, sekitar 500 meter tak jauh dari lokasi longsoran pertama, kembali terjadi longsoran di kawasan Pakis Bincil, tepatnya di Dusun Pusung Duwur, dengan ketinggian 2,5 meter dan lebar 15 meter. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 10.45 WIB tadi siang. Hingga siang ini, material longsoran belum dibersihkan. Lantaran tingginya volume longsoran, pembersihan teratasi selama seharian penuh dengan menggunakan alat berat. (abd)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bagikan Air Minum Saat Aksi Damai Buruh, Kapolres Situbondo Diserbu Emak-emak Minta Selfie

1 Mei 2024 - 21:13 WIB

Peringati Hari Buruh,  Massa Sarbumusi Situbondo Akan Lakukan Aksi Turun ke Jalan

1 Mei 2024 - 05:57 WIB

Dua Bacabup Situbondo, Mengambil Formulir Pendaftaran ke PDIP

30 April 2024 - 14:59 WIB

Duel Maut Dua Juru Parkir Pasar Jambi, Satu Tewas Ditikam Badik

30 April 2024 - 14:53 WIB

DPRD Kota  Sungai Penuh Minta Jalan   di Depan Gedung Komisi III Dibongkar

30 April 2024 - 14:21 WIB

Tabrak Tiang Listrik Pemotor Asal Bondowoso Tewas di Situbondo

29 April 2024 - 20:39 WIB

Trending di Daerah