Menu

Mode Gelap

Catatan Isson · 14 Sep 2016 10:24 WIB ·

Jamaah Aboge Merayakan Idul Adha Hari Ini


					Jamaah Aboge Merayakan Idul Adha Perbesar

Jamaah Aboge Merayakan Idul Adha

PROBOLINGGO RN.COM – Jamaah Aboge yang tersebar di tujuh desa, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, melaksanakan sholat Idul Adha 1437 hijriah pada Rabu (14/9) pagi.

Seperti shalat Ied pada umumnya, melaksanakan shalat pada rakaat pertama tujuh kali takbir dan rakaat kedua lima kali takbir. Salah satunya jamaah di Desa Leces tengah, Kecamatan Leces.

Jamaah aboge ini  Berpedoman pada kitab Mujarobah, atau kitab Jawa kuno. Mereka meyakini hari raya Idul Adha jatuh pada hari ini, yaitu Rabu pahing.

Aboge sendiri diambil dari dua suku kata, A dan Boge, A berarti tahun Alif, sedangkan Boge berarti Rabu wage.

Sementara untuk tahun ini, perhitungan lebaran Aboge adalah Japatji, hari ke papat atau empat, pasaran siji atau satu, jadi hari raya Idul Adha 1437 hijriah jatuh pada hari Rabu pahing.

Ustadz Buri Bariyah, tokoh Aboge setempat mengatakan, perhitungan Aboge tidak selalu sama dengan perhitungan pemerintah yang jatuh pada hari Senin kemarin.

“Hitungan Idul Adha 1437 Hijriyah, japaji hitungan empat tanggal siji. Aboge sholat Idul Adha hari Jumat pahing, memang selisih 1 hari sama pemerintah,”kata Ustadz Buri.

Di Probolinggo sendiri, ada sekitar 7 Desa di 4 Kecamatan, diantaranya Kacamatan Leces, Dringu, Bantaran dan Kuripan, yang mengikuti jamaah Aboge.

“Sholat Ied hari ini, hampir setiap tahun pasti berbeda dengan pemerintah,”ujar Maya, salah satu jamaah Aboge.

“Kita panutan ke kitab Mujarobah, selidih 2 hari dari pemerintah. Setiap tahunnya kami memang melakukan perhitungan semacam ini,”kata Budin jamaah.

Seusai menggelar sholat Ied, acara dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan antar warga. Warga kemudian menggelar selamatan dengan makan tumpeng yang dibawa masing-masing warga, acara terebut sekaligus sebagai wujud kebersamaan antar warga. (fiq)

Komentar

Baca Lainnya

Sah, Sutarmidji – Ria Norsan Bersama Lanjutkan!

19 Mei 2024 - 13:02 WIB

Penambangan Emas Ilegal di Jambi Diduga Libatkan Aparat Desa dan Polisi

19 Mei 2024 - 12:21 WIB

Hati-Hati dengan Iming-Iming Keuntungan Investasi Fantastis

19 Mei 2024 - 12:12 WIB

Peragakan 39 Adegan Detik-Detik Pembunuhan mantan Istrinya, Pelaku Merasa Menyesal

18 Mei 2024 - 18:34 WIB

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Trending di Daerah