Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 20 Jan 2022 15:57 WIB ·

Jamin Ketersediaan Vaksin, Indonesia Kembali Datangkan  Vaksin AstraZeneca Bantuan  Jepang


					Ilustrasi kedatangan vaksin di Indonesia. (foto:istimewa) Perbesar

Ilustrasi kedatangan vaksin di Indonesia. (foto:istimewa)

Jakarta,reportasenews.com – Indonesia kembali menerima kedatangan sebanyak 651.130 dosis vaksin AstraZeneca bantuan pemerintah Jepang, yang tiba pada Rabu (19/01) tengah malam. Kedatangan ini merupakan tahap yang ke-200 kedatangan vaksin di Indonesia.

Sebelum pada Selasa kemarin sebanyak 1.175.800 dosis vaksin merk yang sama tiba di Indonesia, juga bantuan dari pemerintah Jepang.

Bantuan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah Jepang untuk memberikan 2,72 juta dosis vaksin tambahan kepada Indonesia

“Pemerintah Indonesia sangat berterima kasih kepada Pemerintah Jepang atas hibah ini” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, dalam siaran pers, Kamis, (20/01/2022), dikutip Antaranews.com.

Usman menyatakan kerja sama ini merupakan refleksi persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Jepang, yang terus berkembang meski pun pada masa sulit seperti pandemi COVID-19 ini.

Menurut Usman, donasi ini juga membuktikan eratnya hubungan kedua negara dan besarnya komitmen bersama untuk menangani pandemi COVID-19 khususnya di kawasan Asia.

Selain kerja sama dalam bentuk dose-sharing , Usman mengatakan Jepang sejak awal pandemi juga memberikan dukungan untuk Indonesia agar bisa mengatasi pandemi dan meningkatkan ketahanan kesehatan.

“Dukungan tersebut antara lain dalam bentuk bantuan obat-obatan seperti Avigan dan mobile x-ray, serta berbagai dukungan lainnya melalui organisasi internasional,” kata Usman.

Kerja sama antarnegara dunia dalam menangani COVID-19 sangat penting. Indonesia juga berpartisipasi dalam upaya pengembangan dan transfer pengetahuan vaksin COVID-19 untuk kawasan Asia Pasifik.

Kebutuhan vaksin di Indonesia bertambah karena program vaksin dosis ketiga, booster, gratis dan program vaksinasi untuk anak. Meski demikian pemerintah berkomitmen memastikan ketersediaan vaksin meski pun kebutuhan meningkat.

Kominfo meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, melaksanakan vaksinasi bagi yang belum serta meningkatkan kewaspadaan seiring dengan kemunculan kasus varian Omicron.

Usman menekankan perlu kerja sama dan peran serta, terutama masyarakat, dari semua elemen agar program vaksinasi nasional semakin cepat dan luas. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

IPW Dorong Perseteruan Perwira Polri Dengan Mertua dan Adik Iparnya Diakhiri Secara Damai

27 Mei 2022 - 22:17 WIB

DPDR Gelar Paripurna PAW Anggota Fraksi PDIP Sisa Masa Jabatan 2019-2024

27 Mei 2022 - 19:44 WIB

IPW Minta Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI Jelaskan Penghentian Kasus Korupsi Pengadaan Helikopter AW-101

27 Mei 2022 - 17:10 WIB

Pastikan Keamanan Perayaan Kenaikan Isa Al Masih, Polres Ngawi Perketat Gereja

26 Mei 2022 - 17:12 WIB

Gairahkan Otomotif Ngawi Lebih Bergengsi, Black Hoe Racing Team Hadir Ditengah Masyarakat

25 Mei 2022 - 16:24 WIB

Presiden Buka Forum Kebencanaan GPDRR di Bali

25 Mei 2022 - 14:45 WIB

Trending di Nasional