Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 27 Mar 2024 21:12 WIB ·

Jelang Arus Mudik Lebaran, Angkutan Logistik ke Pulau Mulai Dibatasi


					Jelang Arus Mudik Lebaran, Angkutan Logistik ke Pulau Mulai Dibatasi Perbesar

Angkutan Logistik ke Madura Dibatasi
Caption : Angkutan Kendaraan logistik memasuki pelabuhan Jangkar, di wilayah Desa/Kecamatan Jangkar, Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews.com – Menjelang arus mudik lebaran tahun 2024, otoritas pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo, mulai membatasi kendaraan logistik dari pelabuhan Jangkar menuju ke Pulau Madura. Namun, pihaknya lebih mengutamakan penumpang yang akan mudik ke kampung halamannya.

Pembatasan angkutan logistik itu, sebagai upaya antisipasi membludaknya penumpang di pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo, dengan tujuan Pulau Madura, dalam momen lebaran tahun 2024 ini.

Wakil Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Situbondo pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Ahmad Rozikin mengatakan, pembatasan angkutan logistik itu mulai diberlakukan mulai hari ini Rabu (27/3/2024).

“Untuk kapal feri rute Jangkar ke Pulau Sapudi sampai dengan hari ini masih diizinkan mengangkut kendaraan logistik kecil seperti pikup. Sedangkan kendaraan lain di stop untuk sementara waktu,”ujar Rozikin, Rabu (27/3/2024).

Menurutnya, untuk pembatasan logistik tersebut sebelumnya sudah disampaikan kepada pihak sopir. Sehingga mereka dapat memahami kondisi jasa angkutan laut menjelang lebaran tahun ini. Namun, saat kondisi kembali normal, seluruh angkutan barang pun akan diangkut.

“Pembatasan muatan kendaraan logistik dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Madura ini memasuki arus mudik Lebaran sebagai upaya memberikan pelayanan khusus bagi pemudik. Mereka bisa lebih cepat pulang dari pada antre lama di pelabuhan,”bebernya.

Lebih jauh Rozikin menegaskan, jika pembatasan angkutan logistik itu, sebagai upaya antisipasi penumpang di pelabuhan Jangkar, dalam beberapa hari terakhir terjadi lonjakan para pemudik, sebagian penarantau yang akan pulang ke Madura.
“Mulai kemarin (senin) sudah meningkat untuk penumpang kapal feri dari Jangkar ke Raas, Kangean, Sapudi dan Kalianget,”katanya.

Rozikin menyebtukan, dirinya telah mempersiapkan tiga unit kapal untuk mengangkut para pemudik tujuan Pulau Madura. Seperti kapal KMP Mugiyango Hulalo disiapkan untuk membawa penumpang tujuan Pelabuhahn Jangkar menuju Kalianget dan Kangean. Sedangkan kapal KPM Wicitra Dharma I rute Jangkar itu akan mengangkut pemudik tujuan Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Sapudi dan Kalianget. Terakhir kapal KMP Dharma Kartika dipersiapakan untuk membawa pemudik tujuan Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas dan Kalianget.

“Semua kapal sudah dipersiapkan dan layak operasi untuk membawa pemudik pulang ke kampung halamannya di Pulau Madura, sebagai besar warga Madura yang merantau dan bekerja di Pulau Madura,” pungkasnya. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ini Alasan Bank Centris Selama 20 Tahun Tidak Melakukan Gugatan 

24 April 2024 - 20:38 WIB

MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke

24 April 2024 - 19:55 WIB

Pura-pura Pasang Kelambu, Bapak Cabuli Anak Kandung di Kubu Raya, Ibu Lapor Polisi

24 April 2024 - 16:12 WIB

Diterkam Buaya, Kaki Kanan Ibu RT Putus

24 April 2024 - 16:07 WIB

Unaja Jambi Beri Potongan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

24 April 2024 - 16:02 WIB

KPU Tanjab Timur Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024

24 April 2024 - 14:24 WIB

Trending di Daerah