Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 29 Mar 2024 13:56 WIB ·

Jelang Kunjungan Presiden, Puluhan PETI di Sekitar Bandara Bungo Dimusnahkan Petugas Gabungan


					Jelang Kunjungan Presiden, Puluhan PETI di Sekitar Bandara Bungo Dimusnahkan Petugas Gabungan Perbesar

Petugas gabungan TNI-Polri saat memusnahkan puluhan penambangan emas liar di sekitar Bandara Bungo, Jambi.

 

Muara Bungo, reportasenews.com – Jelang Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Bungo, puluhan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang  sudah bertahun-tahun beroperasi di sekitar Bandara Muara Bungo mendadak dirazia petugas gabungan Kodim 0416/Bute, Polres Bungo dan Pemkab Bungo, Kamis sore (28/3/2024).

Tim gabungan yang diterjunkan membakar puluhan rakit dompeng milik pelaku PETI. Sebagian mesin dompeng juga diangkut untuk diamankan sebagai Barang Bukti (BB).

Komandan Kodim (Dandim) 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto kepada wartawan mengatakan, razia PETI ini tidak ada kaitannya dengan rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kabupaten Bungo pekan depan.

“Sebenarnya ini tidak ada kaitannya, karena memang untuk kegiatan PETI ini merupakan kegiatan ilegal, terutama sekitar wilayah Bandar Udara yang merupakan wilayah objek vital,” ujarnya.

Dandim menjelaskan, semua mesin dompeng yang ada di seputaran Bandara Muara Bungo akan diangkat dan diamankan. Namun, jika tidak memungkin semuanya untuk diangkat, maka akan dibumi dihanguskan.

“Upaya pertama yang kita lakukan adalah mengangkat dan mengamankan aset-aset ini, sehingga kita bisa menyaring siapa saja pelaku-pelaku PETI yang selama ini bermain, khusunya di sekitar wilayah bandara Bungo,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan mengatakan, jika pihaknya sudah memberi himbauan kepada pelaku PETI untuk tidak lagi beraktivitas di wilayah Bandara Muara Bungo.

“Karena sebenarnya wilayah PETI ini mendekati objek vital kita satu-satunya di Kabupaten Bungo, kebanggaan kita bersama, bandara. Karena bandara ini sangat vital untuk alat transportasi. Sementara di sekitar bandara ini banyak kegiatan penambangan tanpa izin,” terangnya.

“Intinya ini (PETI) dilarang. Kami akan melakukan upaya terus menerus, edukasi dan terakhir adalah penindakan terkait pemodal PETI ini,” timpalnya.

Informasi yang beredar dikalangan masyrarakat Sungai Buluh, bahwa sebagian besar pemilik PETI yang beroperasi diseputaran Bandara Muara Bungo itu adalan milik NG, SLM dan BW.

“Peti seputaran Bandara Bungo itu punyo NG sekitar 10 set. Punyo SLM sekitar 12 set, dan punyo BW jugo banyak,” jelas warga yang tidak mau dituliskan namanya.

Menurut rencana, Presiden RI Joko Widodo dikabarkan beserta rombongan akan mendarat di Bandara Muara Bungo pada Selasa (2/4/2024) mendatang sengan pesawat kepresidenan. Selanjutnya Presiden  akan melakukan kunjungan kerja  di Bungo dan beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. (bud)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ini Alasan Bank Centris Selama 20 Tahun Tidak Melakukan Gugatan 

24 April 2024 - 20:38 WIB

MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke

24 April 2024 - 19:55 WIB

Pura-pura Pasang Kelambu, Bapak Cabuli Anak Kandung di Kubu Raya, Ibu Lapor Polisi

24 April 2024 - 16:12 WIB

Diterkam Buaya, Kaki Kanan Ibu RT Putus

24 April 2024 - 16:07 WIB

Unaja Jambi Beri Potongan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

24 April 2024 - 16:02 WIB

KPU Tanjab Timur Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024

24 April 2024 - 14:24 WIB

Trending di Daerah