Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Sep 2018 18:44 WIB ·

Jelang Pemilu, Bawaslu Situbondo Gelar Deklarasi  Kalah Terhormat Menang Bermartabat  


					Bawaslu Kabupaten Situbondo, menggelar deklarasi damai. Dengan  tema,  “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat. (foto:fat) Perbesar

Bawaslu Kabupaten Situbondo, menggelar deklarasi damai. Dengan tema, “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Memasuki masa tahapan  kampanye, pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Tahun 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, menggelar deklarasi damai. Dengan  tema,  “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat, Minggu (23/9/2018).

Selain dihadiri Bupati Situbondo Dadang Wigiarto,  anggota Forkopimda Situbondo,   komisioner  KPU Kabupaten Situbondo, namun kegiatan deklarasi  yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Situbondo, juga diikuti oleh sejumlah pengurus Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu di Kabupaten Situbondo.

Pantauan Reportasenews.com  dilapangan, kegiatan deklarasi yang bertujuan untuk menciptakan  pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 mendatang berjalan sukses dan lancar  di Kabupaten Situbondo itu, ditandai  dengan pembacaan ikrar deklarasi damai bersama, “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat.

Usai membacakan deklarasi damai. Selanjutnya, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Kapolres Situbondo, Dandim 0823 Situbondo, Kajari Situbondo, ketua Pengadilan Negeri Situbondo, KPU Situbondo dan ketua Bawaslu,  serta sejumlah pengurus Parpol di Situbondo, mereka menandatangani banner deklarasi damai “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat”.

Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtafik mengatakan,  selain dihadiri Bupati Dadang Wigiarto dan anggota Forkopimda Situbondo, kegiatan delarasidamai tersebut juga diikuti oleh pengurus Bawaslu ditingkat kecamatan  se- Kabupaten Situbondo.

”Sedangkan yang dimaksud dengan kalah terhormat menang bermartabat,  adalah kekalahan yang dapat diterima oleh para  peserta pemilu secara legowo. Namun yang  pasti,  tujuan deklarasi damai ini adalah, agar  pelaksanaan Pileg dan Pilpres berjalan sukses dan lancar di Kabupaten Situbondo,”kata Murtafik, Minggu (23/9/2018).

Pria yang akrab dipanggil Lopa menegaskan, sedangkan kemenangan yang bermartabat,  adalah peserta Pemilu atau Caleg  yang memperebutkan kursi  DPRD Kabupaten Situbondo itu,   menempuh cara yang   baik dalam melakukan kampanye,  sesuai dengan peraturan dan Undang-undang Pemilu.

“Oleh karena itu,   kami  berharap, dengan  penandatanganan  deklarasi ini, dapat  membangun komitmen bersama menuju Pileg, Pilres yang damai, aman, tertib serta menghindari isu sara, hoax dan politik uang, sehingga tahapan Pemilu tidak terganggi di Kabupaten Situbondo,”bebernya.

Sementara itu, dalam kesempatan  tersebut, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, meminta kepada para penyelenggara Pemilu Legislatif dan Pilpres  di Kabupaten Situbondo agar tetap  netral.

”Sehingga dengan netralitas para penyelenggara  Pemilu tersebut, saya berharap Pemilu yang akan dilaksanakan opada  Tahun 2019 mendatang, baik Pilpres maupun Pilres  berjalan sukses dan lancar di Kabupaten Situbondo dan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya,” himbau Bupati Dadang Wigiarto.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peragakan 39 Adegan Detik-Detik Pembunuhan mantan Istrinya, Pelaku Merasa Menyesal

18 Mei 2024 - 18:34 WIB

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

Trending di Daerah