Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 16 Mar 2023 17:16 WIB ·

Jelang Ramadhan,  Ribuan Santri Ponpes Sukoredjo Pulang ke Kampung Halaman


					Jelang Ramadhan,  Ribuan Santri Ponpes Sukoredjo Pulang ke Kampung Halaman Perbesar

Anggota Komisi E DPRD,  Zeiniye dan Herland Apriyanto, saat melepas kepulangan ribuan santri Ponpes Sukorejo di pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews.com – Komisi E DPRD Jawa Timur, Zeiniye dan Herland Apriyanto Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo, melepas kepulangan ribuan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo di pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Kamis ( 16/3/2023).

Dengan menggunakan Kapal Feri Munggiyango Holalo di pelabuhan penyeberangan, Jangkar, ribuan santri Ponpes Sukorejo, Situbondo, mereka pulang secara berjamaah menuju kampung halamannya di Pulau Kangean, dan Pulau Sepekan, Sumenep Madura, Jawa Timur.

Ketua Panitia Pemulangan Jamaah Santri dan Santriwati Ponpes Salafiyah Safi’iyah Sukorejo, Situbondo, Zeiniye mengatakan, sebetulnya pemulangan santri Ponpes Sukorejo menjelang bulan
Ramadlan itu, sudah di mulai sejak tanggal 13 Maret 2023 lalu. Untuk hari ini, merupakan puncak pemulangan berjamaah santri Ponpes Sukorejo, Situbondo.

“Hari ini, merupakan puncak pemulangan santri Ponpes Sukorejo, Situbondo, dengan menggunakan kapal feri di pelabuhan penyeberangan, Jangkar Situbondo,”ujar Zeiniye, yang juga anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Kamis (16/3/2023).

Menurut dia, untuk hari ini, tercatat sebanyak 400 orang santri Ponpes Sukorejo, yang pulang ke kampung halamannya disejumlah ke Pulau Kangean, Pulau Sepekan di Kabupaten Sumenep, Madura.

“Bahkan, demi keselamatan para santri selama perjalanan, mereka mendapat pengawalan ketat para alumni Ponpes Sukorejo. Selain itu, saya juga minta bantuan kepada kru atau ABK Fery Munggiyango Hulalo,”bebernya.

Zeiniye menegaskan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman, selama dalam perjalanan pulang, panitia juga menyediakan konsumsi dan obat-obatan untuk para santri.

“Sebagai alumni dan pengurus IKSASS, saya punya kewajiban untuk mengawal pemulangan total 2000 santri. Selain itu, atas nama ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada KSOP Kelas IV Panarukan, ASDP, Dishub Jatim dan pihak terkait lainnya yang telah membantu kepulangan ribuan santri dari Pelabuhan Jangkar menuju Kepulauan Madura,”katanya.

Sementara itu, Herland Apriyanto Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo mengatakan, sesuai dengan perkiraan cuaca BMKG, cuaca hari ini cukup baik, sehingga dalam berlayar relatif aman hingga sampai ke tujuan di Kepulauan Kangen Kabupaten Sumenep.

“Untuk jumlah penumpang santri yang berangkat hari ini sesuai dengan manifes dan penumpang santri menggunakan kapal feri reguler. Insya Allah pelayaran kapal feri hari ini akan berlangsung aman. Sebab, sesuai dengan perkiraan cuaca BMKG hingga sampai ke perairan Kangean relatif aman karena ketinggian ombak normal,” jelas Herland. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Liburan Lebaran, Polres Situbondo Siagakan Kapal Patroli di Wisata Pantai

13 April 2024 - 14:10 WIB

Nelayan Hamili Anak Kandung Dilaporkan ke Polisi

12 April 2024 - 21:05 WIB

Dua Rumah Milik Bapak dan Anak di Situbondo Ludes Terbakar

12 April 2024 - 19:09 WIB

Kapal Klotok Tenggelam di Sungai Kapuas,  Enam Penumpang Selamat

12 April 2024 - 13:19 WIB

Roda Depan Bermasalah, Bus Masuk Saluran Irigasi di Jalur Pantura Situbondo

11 April 2024 - 17:45 WIB

Suasana Sholat Idulfitri di Lapangan Merdeka Terbaru

11 April 2024 - 16:34 WIB

Trending di Daerah