Menu

Mode Gelap

News Feed · 7 Feb 2017 08:00 WIB ·

Kacamata Auto Focus Bisa Berubah Sesuai Jarak Lihat


					Kacamata focus otomatik jarak dekat atau jauh/ Verge Perbesar

Kacamata focus otomatik jarak dekat atau jauh/ Verge

Amerika, reportasenews.com: Pemakai kacamata plus-minus kerap mengalami keuslitas melihat jauh atau membaca jarak dekat. Jika salah memakai kacamata maka akan mengalami kesulitan mengamati obyeknya.

Carlos Mastrangelo, 50, juga mengalami keluhan yang sama. Diusia tuanya dia suke jengkel mengalami masalah dengan penglihatan. Profesor teknik listrik dan komputer di University of Utah ini memutuskan untuk memecahkan masalah bagi dirinya sendiri. Dia menciptakan sepasang kacamata pintar.

Kacamata ini dapat secara otomatis mengubah focusnya sehingga pemakainya bisa dengan mudah melihat obyek dengan terang. Kacamata ini, yang ditampilkan di CES bulan lalu, terbuat dari lensa cair yang secara otomatis fokus pada apa pun pemakainya lihat, jauh atau dekat.

Dengan cara ini, orang-orang dengan kondisi mata seperti Mastrangelo, yang disebut presbiopia, tidak perlu memakai dua kacamata lagi dengan lensa berbeda.

Kacamata pintar bekerja memakai sensor jarak dari kacamata menggunakan cahaya inframerah untuk menghitung jarak antara gelas dan objek. Sensor kemudian memberitahu “aktuator” untuk membentuk kembali bagaimana lensa cair yang melengkung.

Kelengkungan lensa mengontrol panjang fokus. Hal ini terjadi secara alami dimata manusia juga. Biasanya ketika Anda masih muda, lensa mata itu fleksibel, sehingga mereka mengubah kelengkungan mereka dengan mudah, memungkinkan untuk fokus pada objek jauh dan dekat. Ketika makin berumur tua, lensa mata menjadi lebih kaku dan itulah mengapa itu menjadi sulit untuk membaca buku, misalnya.

Mengubah bagaimana lensa cair melengkung memungkinkan kacamata pintar untuk fokus pada apa pun pemakainya lihat. Dibutuhkan sekitar 14 milidetik lensa khusus kacamata ini untuk mengubah fokus, dan baterai isi ulang dalam bingkai berlangsung lebih dari 24 jam.

“Tanggapan yang fenomenal,” kata Mastrangelo ketika ditanya apa respon pengunjung melihat hasil kerjanya. Penelitian tentang kacamata pintar diterbitkan pekan ini di jurnal Optics Express.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6.886 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sebagai Pendatang Baru Tim StreetSoccer DKI Jakarta Langsung Juarai FORMI VI Palembang

5 Juli 2022 - 23:18 WIB

Harga Cabai Rawit di Situbondo Tembus Rp120 Ribu Perkilogram

5 Juli 2022 - 20:27 WIB

Jamasan Pusaka Sakral, Jelang Hari Jadi Ngawi Ke 664 Tahun

5 Juli 2022 - 20:22 WIB

Pemegang Saham PWON Bakal Terima Deviden Senilai Rp 4 Per Saham

5 Juli 2022 - 20:10 WIB

Gali Potensi Wisata Kalbar Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

5 Juli 2022 - 17:28 WIB

TP2DD Kota Pontianak Dorong Pertumbuhan Digitalisasi Transaksi Daerah

5 Juli 2022 - 17:13 WIB

Trending di Daerah