Menu

Mode Gelap

Daerah · 28 Mei 2024 21:02 WIB ·

Kakek Pencari Madu, Ditemukan Tewas Membusuk di Kawasan Hutan TN Baluran


					Tim Sar gabungan, saat mengevakuasi jasad kakek Misnayu. Perbesar

Tim Sar gabungan, saat mengevakuasi jasad kakek Misnayu.

Situbondo,Setelah tiga hari dilaporkan hilang, akhirnya tim Sar gabungan antara petugas Pusdalop BPBD Situbondo, dengan tim Basarnas Pos Banyuwangi, berhasil kakek Misnayu (68) warga Dusun Curahtemu, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Selasa (28/5/2024).

Saat ditemukan pertama kali oleh Jendra Kusuma, salah seorang kerabat korban yang juga ikut melakukan pencarian tim Sar gabungan, kakek pencari madu ditemukan sudah tewas di kawasan hutan bakau, dengan kondisi tubuh tertimpa pohon gebang dengan diameter 1,5 meter.

Bahkan, kondisi tubuhnya mulai membusuk dan menyebar bau anyir. Selanjutnya, tim Sar gabungan langsung memotong kayu gebang berukuran besar yang tumbang menggunakan senso. Hingga akhirnya jasad kakek pencari madu langsung dievakuasi ke kamar mayat RSUD Asembagus, Situbondo.

“Saat melakukan pencarian di kawasan tanaman bakau di Taman Nasional Baluran Situbondo, saya mencium bau bangkai yang sangat menyengat, karena takut saya memanggil warga sekitar untuk cek sumber bau bangkai tersebut,”kata Jendra Kusuma, Selasa (28/5/2024).

Menurut dia, usai memanggil warga sekitar, dirinya bersama kembali menelusuri sumber anyir dan amis tersebut. Bahkan, setelah ditelusuri ternyata mayat kakek pencari madu yang sudah dikerumuni lalat, dengan kondisi tubuh tertimpa pohon gebang yang tumbang dilokasi kejadian.

“Awalnya saya menduga bau anyir karena bangkai ular dan binatang buas, dan ternyata setelah ditelusuri bersama warga sekitar, ternyata mayat kerabat yang dilaporkan hilang sejak Minggu (25/5/2024) lalu,”kata Jendra.

Kepala BPBD Kabupaten Situbondo Sruwi Hartanto membenarkan, jika kakek pencari madu yang dilaporkan hilang itu, ditemukan meninggal dengan kondisi tubuhnya membusuk kawasan hutan TN Baluran Situbondo. Selanjutnya, jasad kakek Misnayu langsung dievakuasi ke kamar mayat RSUD Asembagus, Situbondo.

“Begitu pihak keluarga memastikan mayat yang ditemukan meninggal akibat tertimpa pohon gebang di sekitar sarang tawon merupakan mayat kakek Misnayu, sehingga kami menyerahkan jasad kakek Misnayu kepada keluarganya untuk dimakamkan,”kata Sruwi Hartanto.

Menurut dia, setelah dilaporkan hilang sejak Minggu (25/5/2024) lalu, tim Sar gabungan langsung melakukan upaya pencarian di sekitar ditemukan sepeda motor milik korban, namun pada hari ketiga pencarian, tim Sar fokus melakukan penyisiran di sekitar ditemukan sarang tawon.

“Hasilnya, salah seorang kerabatnya menemukan jasad kakek pencari madu, dengan kondisi sudah membusuk tertimpa pohon gebang,”pungkasnya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mangkir Panggilan Pansus DPRD,Dinas PU dan Dinkes Situbondo Terancam Diinterplasi

20 Juni 2024 - 20:44 WIB

Demo Massa PMII di Mapolres Sutubondo Ricuh, Rusak Pagar Kawat Berduri

20 Juni 2024 - 17:26 WIB

Petani di Jambi Tunda Musim Tanam Padi Hindari Gagal Panen

20 Juni 2024 - 16:02 WIB

Tiga Pengedar Pil Ekstasi Dibekuk Tim Satres Narkoba Polres Sarolangun

20 Juni 2024 - 15:34 WIB

PKB Resmi Usung “Rio Patennang” sebagai Bacabup di Pilkada Situbondo

19 Juni 2024 - 20:22 WIB

Tabung Gas Meledak, Tiga Rumah Milik Bapak dan 2 Anaknya Hangus Terbakar

19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Trending di Daerah