Menu

Mode Gelap

Daerah · 15 Mar 2017 20:29 WIB ·

Kapolres Magelang Sikat Penambangan Liar


					Kapolres Magelang Sikat Penambangan Liar Perbesar

Kapolres Magelang Sikat Penambangan Liar

Magelang reportasenews.com – Polres Magelang bubarkan dan tindak tegas pelaku penambangan ilegal di wilayah Gunung Merapi, Kapolres Magelang AKBP Hendarsono, pimpin langsung Operasi penambangan liar  di wilayah kawasan  Gunung Merapi Terutama di aliran Kali Bebeng, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung  Magelang Rabu siang (15/3).,Sejumlah penambang beserta alat milik penambang disita dan diamankan petugas.

Dalam operasi  itu, kepolisian bahkan terpaksa memberikan tembakan peringatan kepada para penambang yang masih saja nekat melakukan kegiatan penambangan dengan cara merusak tebing tebing yang dinilai merusak kawasan Merapi,yang akan berdampak dan membahayakan  bagi penambang maupun warga sekitar apabila tebing dan bukit bukit terus ditambang.

Sebelumnya Beberapa kali upaya peringatan telah disampaikan oleh Polres. Namun peringatan tersebut tidak diindahkan oleh sejumlah penambang manual yang tetap nekad melakukan penambangan secara ilegal “Kalau perlu diberikan tembakan peringatan supaya mereka dengar dan segera ditangkap untuk segera didata ” tegas Kapolres.

Wakapolres Magelang Kompol Heru Budiharto kemudian memerintahkan nggotanya melakukan tembakan peringatan.  sedikitnya lima kali tembakan peringatan di lakukan oleh petugas agar para penambang manual yang berada di tebing menghentikan aktifitasnya.

Mendengar tembakan tersebut sejumlah penambang manual langsung berhenti, kemudian  oleh polisi mereka diamankan dan dibawa ke Polsek Srumbung untuk diberikan pembinaan. Selain mengamankan sejumlah penambang polisi juga menyita sejumlah alat yang dipakai menambang.

Tidak itu, kegiatan penertiban yang dilakukan polisi bersama tim gabungan terdiri dari DPRD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan dan sejumlah dinas terkait itu juga menghentikan dan mengamankan satu alat berat.
Alat berat tersebut sedang melakukan aksi penambangan di pinggir tebing.

“Menambang di pinggir tebing jelas merusak,  selain mnyebabkan longsor juga akan menggerus lahan milik warga. Dan  yang lebih mengerikan lagi juga membahayakan penambang itu sendiri,” jelasnya.

Dia menegaskan sudah berulang kali pihaknya  tak henti hentinya memberikan peringatan dan himbauan, sejak dua bulan lalu. Sayangnya peringatan tersebut tak pernah diindahkan “kalau teguran  tidak pernah diindahkan seperti ini, ya terpaksa kita sikat,” tegas Hindarsono,Bahkan kalau perlu bubarkan penambangan terutama bagi penambang ilegal yang tidak mengantongi ijin.

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Trending di Daerah