Menu

Mode Gelap

Daerah · 27 Sep 2023 21:09 WIB ·

Karhutla Kian Jadi Ancaman di Tengah Kekeringan Akibat Kemarau


					Karhutla Kian Jadi Ancaman di Tengah Kekeringan Akibat Kemarau Perbesar

Kapolsek Pulau Maya Karimata, Ipda SR Sembiring lakukan patroli ketat ke kawasan lahan yang mudah terbakar mencegah kebakaran hutan dan lahan berulang. (foto istimewa).

 

Kayong Utara, reportasenews.com – Personel Polsek Pulau Maya Karimata terus melakukan patroli dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada Selasa (27/09/2023), sekitar Pukul 14.25 WIB.

Situasi cuaca yang beberapa hari ini panas terik mengakibatkan hutan dan lahan kering dan berpotensi akan kebakaran yang dimana para pemilik kebun dan lahan membuka lahannya dengan cara membakar lahan kering tersebut.

Pelaksanaan patroli rutin yang dilakukan oleh personel Polsek Pulau Maya Karimata pada hari ini dilakukan oleh Kapolsek Pulau Maya Karimata, Ipda SR Sembiring, dan Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Maya Karimata Bripka Ahmad, rutin melakukan patrolinya ke wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Kayong Utara AKBP Achmad Dharmianto, S.H., S.I.K, melalui Kapolsek Pulau Maya Karimata IPDA SR Sembiring memberikan pesan Kamtibmas yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas kepada warga sekitar lahan agar saling menjaga situasi sekitar dari kebakaran dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) untuk mengantisipasi terjadinya karhutkah di Pulau Maya pada khususnya, karena ada dua musim di Kecamatan Pulau Maya ini yakni musim kemarau dan musim penghujan.

Pada bulan September lalu, selama dua pekan ini tidak ada turun hujan sehingga masih ada terjadi kebakaran lahan, di Kecamatan Pulau Maya.

Ia menyayangkan masih ada masyarakat yang membersihkan lahan dengan cara membakar lahan.

Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan langkah preventif dengan mengacu pada ramalan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG.

“Misalnya, dalam sepekan ke depan diperkirakan kemarau dan tidak turun hujan, kita gencarkan sosialisasi dan himbauan di sejumlah titik rawan karhutla,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan patroli di sejumlah titik rawan karhutla juga diperkuat dengan melibatkan Bhabinkamtibmas, Patroli dilaksanakan sebagai upaya pencegahan sekaligus mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan.

“Patroli dilakukan siang-malam sehingga begitu ada api kecil, lebih mudah dilokalisir. Ini jadi langkah yang efektif untuk saat ini,” ungkap Kapolsek Pulau Maya Karimata.

Kebakaran lahan yang terjadi beberapa pekan lalu terjadi di sejumlah titik lokasi. Sementara lahan yang disegel belom ada kami lakukan di titik api lahan, Polsek Pulau Maya Karimata akan bekerja sama dengan BPN Sukadana untuk menelusuri kepemilikan lahan yang terbakar.

“Jika masih ada Petani membuka lahan dengan cara membakar Lahan, sehingga menjadi Penyebab terjadi nya titik api di Wilayah Kecamatan Pulau Maya,” ucapnya.

“Pertama kita telusuri dulu pelaku pembakar lahan, kemudian kita proses secara hukum untuk selanjutnya dijatuhi sanksi,” sebutnya.

Kapolsek Pulau Maya Karimata mengatakan, saat ini kami melaksanakan mengantisipasi karhutla, dan Personel yang melaksanakan kegiatan Karhutlah hari ini dari Polsek Pulau Maya Karimata ada 4 personel, yaitu Kapolsek Pulau Maya Karimata IPDA Sr.Sembiring, Kanit Provoost Aiptu Cahyo Rimbe Pangarso, PS Kanit Binmas Aipda Hamsah, dan Bhabin Kamtibmas desa Satay Bripka Ahmad, dan pelaksanaan giat patroli, Sosialisasi dan Himbauan Karhutla di Kecamatan Pulau Maya bertujuan supaya tidak membakar lahan, dan apabila melihat ada yang membakar lahan untuk segera mencegahnya,” terangnya.

Meski tidak saat musim kemarau, tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan atau tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Saat musim kemarau maupun musim hujan, masyarakat kita imbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar,” tutupnya. (tim)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Warga Usir Truck Tangki Bermuatan Limbah

12 Juli 2024 - 17:11 WIB

Andri Tedjadharma : Bukan Centris Pengemplang BLBI tapi Bank Indonesia Mengemplang Centris !!!

11 Juli 2024 - 20:48 WIB

Gerebek Rumah Warga, Tim Opsnal Polres Situbondo Amankan 348 Botol Miras

11 Juli 2024 - 20:47 WIB

Trending di Daerah