Menu

Mode Gelap

Daerah · 20 Okt 2021 15:22 WIB ·

Karnaval Air Semarakan HUT Kota Pontianak ke 250, Peserta Berpakaian Adat Melayu


					Karnaval Air menjadi agenda pertama dalam Perayaan HUT kota Pontianak ke 250 di tengah pandemi Covid 19. Kegiatan diisi dengan menyusuri sungai Kapuas hingga ziarah ke Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang. kegiatan ini berlangsung meriah dimana pesertanya berpakaian adat Melayu khas Pontianak (foto-foto das) Perbesar

Karnaval Air menjadi agenda pertama dalam Perayaan HUT kota Pontianak ke 250 di tengah pandemi Covid 19. Kegiatan diisi dengan menyusuri sungai Kapuas hingga ziarah ke Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang. kegiatan ini berlangsung meriah dimana pesertanya berpakaian adat Melayu khas Pontianak (foto-foto das)

Pontianak, reportasenews.com – Kota Pontianak sedang bersukacita. Meski masih di tengah pandemi Covid 19, beragam kegiatan untuk memeriahkan HUT kota Pontianak ke 250 tetap digelar semarak.

Hari ini, Rabu (20/10/2021) Karnaval Air untuk pertama kalinya digelar bersamaan dengan Maulid Agung Nabi Muhammad SAW 1443 H dalam situasi Pandemi Covid 19.

Saat ini kota Pontianak masuk dalam penerapan PPKM level 2. Namun agenda perayaan Hari Ulang Tahun Kota Pontianak ke 250 mulai digelar hari ini hingga tanggal 31 Oktober mendatang.

Pemerintah kota Pontianak bersama  Kesultanan Pontianak mengelar Parade Karnaval Air di Sungai Kapuas, Rabu (20/10/2021) pagi.

Parade karnaval hias ini diikuti sekitar 30 kapal hias wisata maupun perahu – perahu kelompok pemancing dan beberapa kapal milik ormas. Menariknya, seluruh peserta karnaval air ini mengenakan pakaian adat Melayu khas Pontianak.

Walikota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono, mengatakan Karnaval Air ini adalah wujud Napak tilas dari berdirinya Kesultanan Pontianak dan kota Pontianak ke 250 dimana kegiatannya adalah menyusuri sungai Kapuas dengan kapal-kapal hias  dari halaman Masjid Jami kompleks Kesultanan Pontianak menuju ke Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang.

Karnaval Air menjadi agenda pertama Perayaan HUT kota Pontianak ke 250. Kegiatan diisi dengan menyusuri sungai Kapuas hingga ziarah ke Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang. kegiatan ini berlangsung meriah dimana pesertanya berpakaian adat Melayu khas Pontianak (foto-foto das)

“Kita baru melakukan ziarah kubur bersama Sultan Pontianak, dan beberapa pejabat di pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat dan Pemkot Pontianak, menyusuri sungai Kapuas dalam Karnaval Air. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan nilai positif, tidak hanya ziarahnya tetapi juga kegiatan wisatanya,” kata Edi Kamtono.

Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono berharap di usia kota Pontianak ke 250 tahun ini kota Pontianak semakin maju dan tangguh serta  membangun optimisme bangkit  dari masa pandemi Covid 19, untuk untuk menghadapi tantangan ke-depannya serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di kota Pontianak.

Sementara Sultan Pontianak IX Syarif Machmud Melvin Al Qadrie mengatakan dalam rangka HUT kota Pontianak ke 250 ini, kota Pontianak semakin tangguh dan maju.

“Kita sebagai pihak Kesultanan Pontianak dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Pontianak untuk mewujudkan hal itu,” ucap Sultan Pontianak.

Karnaval Air yang digelar merupakan sejarah awal berdirinya kota Pontianak dimana saat itu nenek moyang kita datang mensyiarkan agama Islam melalui sungai Kapuas yang merupakan Sungai Terpanjang di Indonesia.

Kegiatan dilakukan dengan ziarah ke makam Kesultanan Pontianak di Batulayang.

Karnaval Air ini mengingatkan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan  Republik Indonesia ke -70 dimana untuk pertama kalinya kota Pontianak menjadi pusat perhatian Nasional karena menjadi satu-satunya kota yang menyelenggarakan perayaan Kemerdekaan RI di luar Jakarta.

Parade ini bertajuk Karnaval Khatulistiwa yang dihelat pada puncak Perayaan Kemerdekaan RI ke-70 pada 22 Agustus 2015 silam. (das)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gadis Dibawah Umur Dianiaya Rekan Kerja Lantaran Tak Terima Dipanggil Babu

29 November 2021 - 23:08 WIB

Pasutri Asal Balaikarangan Jual Narkoba di Pontianak, Dibekuk Polisi

29 November 2021 - 20:56 WIB

Propam Polres Situbondo, Akan Lakukan Penyelidikan Mobil Patroli Tabrak Bocah 7 Tahun 

29 November 2021 - 16:07 WIB

Polda Banten akan Gelar Swab Test di Pos Pengamanan Nataru

29 November 2021 - 13:40 WIB

Kemenkes: Penerapan PPKM Level III untuk Lindungi Masyarakat dari Ancaman Gelombang Ketiga

29 November 2021 - 12:42 WIB

Antisipasi Varian Baru Omicron Masuk, Pemerintah Perketat Pintu Masuk Internasional

29 November 2021 - 12:25 WIB

Trending di Kesehatan